Hijab scarf

Yuk Kenali Bahan Hijab Scarf yang Nyaman, Jangan Salah Pilih Ya

Seiring dengan perkembangan dunia fashion, tren hijab pun ikut berkembang. Scarf atau hijab yang beredar di pasaran kini hadir dari berbagai merk, bahan, warna, dan juga model. Namun begitu, perlu diingat bahwa tidak semua bahan hijab scarf nyaman dipakai meski dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, penting mengenal apa saja jenis bahan hijab serta karakteristiknya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kenyamananmu. Lalu, bahan-bahan hijab scarf seperti apa yang tidak membuat panas dan gerah? 

Berikut rekomendasi bahan hijab scarf yang nyaman untuk digunakan sehari-hari. Mau tahu apa saja? Let’s check this out!

Bahan Hijab Scarf Kekinian yang Adem dan Nyaman

Bahan hijab scarf

Tak hanya memperhatikan nilai kenyamanan saja, LocalLady juga perlu mengenali karakteristik kain hijab karena beberapa jenis kain mungkin lebih cocok untuk occasion tertentu. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cerruti

Bahan hijab scarf yang pertama adalah cerruti. Kain yang satu ini tengah populer untuk digunakan sebagai hijab karena elastis, mudah dikenakan, dan stylish

Bahan cerruti sendiri terbuat dari campuran serat polyester, sifon, dan crepe sehingga memiliki karakteristik yang berbeda dari bahan bakunya. Jika dilihat, bahan ini hampir mirip dengan sifon, namun permukaan kain ceruti memiliki tekstur seperti kulit jeruk tapi tetap halus ketika diraba.

Namun, karena bahannya sedikit tipis jadi kamu perlu menggunakan inner agar tidak menerawang dan aurat tetap terjaga. 

Diamond

Untuk pecinta scarf lover pasti sudah nggak asing dengan bahan yang satu ini. Bahan diamond memiliki tesktur yang sedikit kasar, berpasir, dan agak tebal, membuat kerudung menjadi mudah untuk dibentuk. 

Baca Juga: Intip 7 Rekomendasi Baju Kerja Wanita untuk ke Kantor, Stylish!

Baby Paris Turkey

Selanjutnya, bahan kerudung paris menjadi salah satu favorit para wanita. Bahan hijab scarf ini terbilang ringan, mempunyai tekstur lembut, dan mudah diatur.

Kain paris memang nggak mudah, sehingga nyaman sekali jika mengenakan gaya hijab ikat leher karena nggak tebal dan nggak membuatmu sesak nafas.

Ultrafine Voile

Bahan hijab scarf yang banyak diminati adalah ultrafine voile atau biasa disebut voal. Teksturnya sekilas mirip dengan twill, permukaannya terlihat kasar namun sebenarnya halus saat bersentuhan dengan kulit. 

Ketebalan dan sirkulasi udara pada kain ini juga cukup baik, sehingga pengguna hijab ultrafine voile akan merasa adem ketika menggunakannya. Saat ini pun sudah banyak model, warna, dan corak scarf hijab di pasaran. 

Bila LocalLady sedang mencari scarf hijab dengan bahan voal, Heylocal memiliki beragam koleksi scarf motif dan polos yang bisa kamu cek di sini!

Viscose Premium

Viscose premium merupakan salah satu varian rayon yang nyaman dipakai. Kain hijab ini memiliki karakteristik dingin, lembut, dan menyerap keringat dengan baik. Hal tersebut karena serat bahannya terbuat dari kombinasi serat alami kapas dan semi-sintetis.

Agar hijab scarf dengan bahan ini lebih awet, sebaiknya dicuci dengan tangan. Hijab viscose premium paling sesuai dengan iklim tropis, karena itu nggak sedikit yang memilihnya untuk acara kasual di Hari Raya.

Baby Silk Premium

Bila LocalLady suka dengan tekstur kain yang halus mirip sutera, kain baby silk premium bisa jadi pilihan tepat. Kain ini dapat memberikan kesan glossy dan mewah. Mirip dengan kualitas silk. Bedanya dengan bahan lain, baby silk premium terasa tebal, nggak licin dan flowy.

LocalLady juga nggak perlu khawatir karena bahan baby silk ini halus, nyaman, dan adem saat dikenakan. So, tunggu apalagi?

Polyester

Kain yang satu ini sering digunakan sebagai bahan dasar berbagai produk tekstil, nggak terkecuali hijab atau scarf. Bahan kain polyester pun memiliki beberapa keunggulan, salah satunya nggak mudah kusut dan perawatannya pun terbilang mudah. 

Bukan hanya itu saja, bahan hijab polyester juga terbilang kuat dan lentur, sehingga memiliki masa pakai yang lebih lama tanpa penurunan kualitas kain yang signifikan, lho

Setelah mengenal beberapa jenis bahan hijab di atas, mayoritas mempunyai karakteristik bahan yang halus. Untuk menjaga kualitas kain hijab agar tetap terjaga dan awet, perlu perawatan yang tepat dan maksimal.

Oleh karena itu, LocalLady perlu memilih deterjen khusus yang bisa menjaga warna kain tetap cerah, membersihkan noda, dan mampu menjaga kualitas serat kain agar tidak rusak. 

Baca Juga: Tips dan Cara Merawat Hijab Voal yang Tepat

Nah, itulah beberapa jenis bahan scarf hijab yang cukup umum dan mudah ditemukan. Dari jenis kain di atas, mana yang jadi favoritmu?

Temukan koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti tas, kerudung, sepatu, mukena dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *