Baju putih menjadi salah satu fashion item yang wajib ada di lemari pakaian. Warnanya yang netral membuat baju ini mudah untuk dipadupadankan dengan item lainnya. Selain itu, baju ini juga cocok dipakai ke segala kesempatan, baik itu formal maupun kasual.

Namun sayangnya, merawat dan mencuci baju putih nggak bisa dilakukan sembarangan. Butuh perhatian untuk mempertahankan kecerahan dan kebersihannya. Pasalnya, pakaian berwarna putih rentan terhadap noda, rawan terkena lunturan warna dari baju lainnya, hingga perubahan warna yang dapat mengurangi keindahan pakaian.

Meski begitu, jika baju putih dirawat dan dicuci dengan benar, maka bisa bertahan lama dan tetap terlihat seperti baru. Buat LocalLady yang ingin mengetahui cara mencuci baju putih dengan tepat, simak tips dan cara berikut ini. 

Cara Mencuci Baju Putih

Saat mencuci baju putih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena itu, LocalLady nggak boleh asal ketika mencuci pakaian berwarna putih. Biar gak salah, berikut cara mencuci pakaian putih yang tepat. Let’s check this out!

1. Pisahkan baju putih dengan baju lain

Cara merawat baju putih

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memisahkan baju putih dengan baju berwarna lain. Menyortir pakaian yang akan dicuci ini dilakukan agar nggak ada noda yang menempel pada baju putih.

Pisahkan baju berwarna gelap seperti merah, biru, hitam, dan cokelat untuk mencegah kelunturan warna saat mencuci menggunakan tangan atau mesin cuci.

Nah, bagi LocalLady yang sedang mencari baju putih atau warna lainnya, Heylocal memiliki semua koleksinya di sini.

2. Hindari menumpuk baju kotor

Mencuci banyak baju sekaligus memang terdengar praktis. Namun, cara tersebut bukan sebuah pilihan yang baik karena pakaian putih akan tetap kotor dan kusam. 

Hal ini karena saat mesin cuci kelebihan beban, nggak ada cukup ruang di antara baju dan air untuk membersihkan noda maupun kotoran yang menempel pada baju. Alih-alih mencuci baju sekaligus, sebaiknya kamu mencucinya sedikit demi sedikit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Gunakan Deterjen yang Tepat

Deterjen
Photo: Freepik

Ingin baju tetap bersih dan tampak seperti baru? Kamu bisa menggunakan deterjen yang mengandung optical brighteners untuk mencuci baju putih favoritmu. Kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan cahaya biru sekaligus mencegah kadar kuning yang bisa membuat pakaian kusam.

Meski bagus digunakan, hindari menuangkan deterjen terlalu banyak. Sebab, deterjen bisa meninggalkan bercak di serat kain. 

4. Gunakan perasan air lemon

Cara mencuci baju putih
Photo: Freepik

Cara menghilangkan noda kuning di baju putih yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan air lemon. Kamu perlu merendam baju tersebut dalam larutan air hangat dan perasan lemon atau sitrun selama 1-2 jam atau semalaman.

Setelah itu, cuci baju dengan deterjen pakaian seperti biasanya. Pastikan pula untuk mengikuti petunjuk perawatan pada label baju. 

Namun bila noda kuning masih ada setelah mencuci, gunakan pasta pemutih yang aman untuk bahan pakaian putih dan gosok secara perlahan pada noda tersebut sebelum mencuci lagi.

Baca Juga: 7 Inspirasi OOTD Baju Putih yang Modis dan Simple, Intip Yuk!

5. Cuci baju dengan baking soda

Mencuci baju dengan baking soda
Photo: Freepik

Baking soda atau soda kue memang sudah lama digunakan sebagai bahan alami untuk mencerahkan dan membersihkan pakaian. Mencuci baju putih dengan baking soda bisa mengurangi kekuningan dan menghilangkan noda, sehingga baju pun terlihat lebih bersih.

Kamu bisa mencampurkan 1-2 sendok makan baking soda dengan deterjen pakaian biasa. Lalu masukkan pakaian putih ke dalam mesin cuci atau wadah pencucian yang berisi larutan baking soda dan deterjen.

Jangan lupa atur mesin cuci pada siklus pencucian yang sesuai untuk pakaian. Bila mencuci dengan tangan, gosok dan remas pakaian dengan lembut dan perlahan.

Setelah mencuci, bilas pakaian dengan air bersih untuk menghilangkan residu baking soda dan deterjen. Kemudian jemur pakaian di bawah sinar matahari atau keringkan dengan menggunakan mesin pengering, yang sesuai dengan petunjuk perawatan pada label baju. So easy!

6. Tambahkan pemutih pakaian

Jika langkah di atas sudah dilakukan tapi belum menunjukkan hasil. Cara berikutnya yang bisa dicoba adalah dengan menambahkan pemutih pakaian. Pemutih bekerja dengan mengikir lapisan luar pakaian dan menghancurkan debu serta kotoran yang menempel. 

Cara kerja tersebut yang membuat pemutih lebih keras dibandingkan menggunakan deterjen biasa. Sebab itulah, kamu nggak dianjurkan untuk terlalu sering menggunakan pemutih.

Selain itu, setelah dicuci dan bilas, jemur baju tersebut di bawah sinar matahari. Sinar matahari dapat membantu memutihkan dan menghilangkan noda pada baju putih secara alami.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Luntur pada Baju Berwarna, Mudah lho

7. Cuci dengan air hangat

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci baju menggunakan air hangat. Pasalnya, suhu panas pada air ini dapat memproses pelepasan kotoran dan minyak yang menempel pada serat baju tanpa merusaknya.

8. Kucek pada bagian tertentu saja

Baju putih

Sebelum memasukkan baju ke mesin cuci, kamu sebaiknya mengucek bagian tertentu yang biasa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Misalnya daerah kerah, bagian ketiak, saku baju, dan lipatan tangan.

Debu dan kotoran pada bagian-bagian tersebut akan sulit dihilangkan bila baju hanya dicuci menggunakan mesin cuci. Jadi, jangan langsung memasukkan baju ke mesin cuci ya. Kucek lah terlebih dahulu di bagian-bagian yang jadi sarang kuman serta bakteri.

9. Bilas dengan Cuka

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa membilasnya dengan cuka. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel pada baju. 

Caranya pun mudah banget, kamu hanya perlu menambahkan satu cangkir cuka ke bilasan air. Setelah busa deterjen benar-benar bersih, bilas baju menggunakan air hangat dan jemur di bawah sinar matahari langsung.

10. Keringkan baju di bawah sinar matahari 

Menjemur pakaian

Terakhir, keringkan baju putih di bawah sinar matahari langsung. Hal ini karena sinar ultraviolet dari matahari akan membantu mencerahkan kembali baju putih. 

Bila kamu menggunakan mesin pengering, maka pastikan pengaturan panas diatur lebih rendah. Pasalnya, panas yang berlebihan dari mesin pengering dapat menyebabkan noda dan warna baju menjadi kusam. 

Baca Juga: Baju Putih Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Yuk Simak Daftarnya!

Nah, itu dia beberapa cara mencuci baju putih agar tetap bersih dan terlihat seperti baru. Mencuci baju putih memang agak sedikit rumit, namun bila LocalLady melakukan langkah-langkah di atas, maka baju berwarna putih akan tetap awet.

Temukan juga koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal lainnya seperti tas, kerudung, sepatu, mukena, pakaian olahraga, dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan, ya!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tas Wanita Warna Hitam, Tampilan Makin Classy!

Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *