Jenis-jenis blouse wanita

Yuk Ketahui Macam-macam Blouse Wanita, Cocok untuk Kerja

Blouse atau blus merupakan salah satu busana wanita yang cukup populer. Setiap tahunnya, blouse wanita mengalami perkembangan seiring berkembangnya trend fashion. Mulai dari beragam model hingga pola pada blouse.

Memiliki karakteristik tersendiri, blouse adalah pakaian atasan yang biasanya mempunyai model yang longgar dan ukuran panjang sampai pinggang. Beberapa blouse ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.

Selain itu, blus nggak memiliki kancing pada bagian depan dari atas sampai bawah. Hal ini menambah kesan girly jika dilihat dari potongannya yang dengan sedikit atau bahkan tanpa kancing.

LocalLady perlu tahu bahwa blouse terbagi dari berbagai model, lho. Mau tahu apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Macam-macam Blouse Wanita

Atasan blouse
Blouse wanita

Pada dasarnya, blouse dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk kesempatan formal, kasual, maupun semi-formal. Ada beberapa jenis-jenis blouse wanita yang perlu diketahui. Let’s check this out, LocalLady!

Blouse Brokat

Jenis blouse yang pertama adalah blouse brokat. Blus brokat merupakan model baju atasan wanita yang terbuat dari bahan brokat atau embroidery lace. Aksen brokat pada blus membuat baju ini terkesan mewah, sehingga cocok dipakai untuk menghadiri acara spesial.

Asimetris Blouse

Jenis blouse yang satu ini memiliki desain dengan potongan menyamping atau menyerong, sehingga secara keseluruhan tampilannya jadi nggak asimetris. Detail asimetris pada blus biasanya berbeda-beda, misalnya di bagian lengan, leher, dada, hingga bagian bawah blouse.

Yuk, cek koleksi asimetris blouse dari Heylocal di sini, ya!

Hidden Button Down

Hidden button down merupakan model blus dengan kancing hingga ke bawah pada bagian depannya. Sesuai dengan namanya, kancing pada blouse ini tersembunyi sehingga terkesan tidak mempunya kancing. 

Sabrina Blouse

Pasti LocalLady sudah nggak asing dengan model blouse satu ini. Yaps, sabrina blouse memiliki potongan terbuka di bagian bahu. Potongannya itu membiarkan seluruh bahu terekspos. Beberapa waktu lalu, baju wanita model seperti ini sempat populer dan menjadi tren lho.

Bettina Blouse

Jenis blus selanjutnya adalah bettina blouse. Baju wanita ini memiliki desain yang cukup unik. Umumnya, bettina blouse terbuat dari bahan kemeja dengan lengan bajunya penuh dengan detail berjumbai dari bahan katun motif.

Blouse Ruffle

Blus wanita yang satu ini memiliki aksen lipit dan lekukan yang cantik. Jenis blus ini memiliki kesan timeless dan chic sehingga cocok banget digunakan pada acara kasual ataupun semi-formal.

Baca Juga: Intip Koleksi Baju Lebaran ‘Solace Series’ by Heylocal, Stylish Abis!

Blouson

Blouson atau blusong merupakan blus yang memiliki aksen di pinggang atau pinggul yang memberikan kesan menggelembung atau lebih bervolume dan menggantung di bagian bawah pinggang.

Wrap Blouse

Wrap blouse merupakan model atasan wanita yang biasa dikenakan dengan cara dililitkan di sekitar tubuh, biasanya di bagian pinggang. Karena blus ini dibuat tanpa menggunakan kancing maupun zipper, jadi untuk pemakaiannya perlu melilitkan blus ke badan dan mengikatnya dengan bentuk pita.

Blouse Balon

Seperti namanya, blouse ini memiliki lengan panjang berbentuk balon. Blus model ini banyak disukai wanita karena modelnya yang sederhana, namun tetap terlihat manis dan modis ketika dipakai. Terlebih, baju atasan wanita ini hijab friendly, lho.

Drapped Blouse

Jenis blouse ini memiliki potongan longgar dan biasanya dibuat dengan bahan yang mampu membentuk lipatan flowy yang menggantung atau drapery (draping) pada bagian depan, belakang, atau samping.

Baca Juga: Jenis Busana Muslim Wanita Paling Populer, Cocok untuk Lebaran

Surplice

Pernah mendengan blus surplice? Blouse surplice merupakan jenis blus dengan garis leher berbentuk V yang rendah. Dengan model kerahnya yang rendah dapat memberikan kesan elegan saat dipakai.

Peasant Blouse

Jenis blouse selanjutnya adalah peasant. Blus model ini dipenuhi dengan banyak kerutan seperti di bagian pinggang, lengan maupun leher. Peasant blouse mampu memberikan kesan feminim dan anggun pada pemakainya.

Middy Blouse

Suka tampilan vintage atau pakaian nuansa vintage? Nah, blouse yang satu ini jadi pilihan tepat. Pasalnya, middy blouse merupakan jenis busana bernuansa vintage yang memiliki model kerah lebar seperti kerah kelasi.

Kerah kelasi sendiri pada bagian belakang berbentuk persegi dan mengecil ke titik dasar V di depan. Middy blus umumnya agak panjang dengan model lengan panjang yang menambah kesan klasik pada tampilannya. Worth it to try this blouse!

Empire Blouse

Jenis blouse empire memiliki garis hias di bagian dada. Memiliki model yang elegan namun tetap simpel membuat blus ini cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, blus model ini juga memiliki berbagai varian warna dan pola menarik yang bisa LocalLady pilih.

Sleveless Blouse

Sesuai namanya, blouse ini memiliki model tanpa lengan. Biasanya sleveless blouse ini juga diadaptasi dengan berbagai macam atasan seperti kemeja. Karena tak mempunyai lengan, blus ini cocok dipakai untuk berlibur di daerah pantai dan akan membuat pergerakan makin leluasa.

Selain berlibur, blus tanpa lengan ini juga bisa dipakai untuk hangout dan kegiatan santai lainnya. Untuk wanita berhijab, kamu bisa mengenakan inner shirt sebagai dalaman.

Blouse Rajut

Blouse rajut atau knit juga menjadi blus yang banyak diminati wanita. Atasan dengan struktur kain yang dibuat dengan melilitkan benang untuk membentuk serangkaian simpul fleksibel ini mempunyai beragam desain menarik.

Blouse Crinkle

Blouse crinkle adalah salah satu model baju atasan wanita yang terbuat dari kain crinkle. Kain ini memiliki tekstur seperti kerut-kerut yang menjadikan blus mudah diatur dan nggak mudah di setrika.

Model yang satu ini dikenal dengan kenyamanannya yang tinggi karena sifat kainnya yang ringan dan nggak menempel di kulit. Saat ini sudah ada banyak baju wanita yang menggunakan bahan crinkle, bahkan sampai menjadi tren.

Suit

Berikutnya ada suit, blouse wanita yang kerap digunakan bersama dengan celana atau rok yang terbuat dari bahan yang sama. Pada umumnya, blouse model ini banyak digunakan sebagai pakaian kerja kantoran.

Nah, itu dia beberapa jenis blouse wanita yang perlu diketahui dan masih eksis sampai sekarang. LocalLady bisa cek koleksi blouse wanita dari Heylocal di sini, ya!

Temukan koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti tas, sepatu, mukena dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan!

Apa Perbedaan Antara Blus dan Kemeja?

Meski sekilas terlihat mirip, nyatanya blus dan kemeja adalah dua hal yang berbeda, lho. Bila kemeja biasanya memiliki kancing full dari atas hingga bawah, sedangkan blus biasanya hanya mempunyai beberapa kancing atau bahkan tidak sama sekali.

Blouse atau blus juga memiliki lebih banyak variasi kerah dibanding kemeja, contohnya kerah shanghai, kerah flat collar, kerah peterpan, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *