Cuaca panas dapat menyebabkan tubuh jadi lebih mudah berkeringat. Terik matahari yang menyengat dan rasa gerah yang tak tertahankan tentu bisa mengganggu kenyamanan. Cuaca yang panas ini pastinya bikin LocalLady harus cermat dalam memilih pakaian yang akan dipakai, baik dari bahan dan warna baju.

Tak hanya bahan yang digunakan, pemilihan warna pakaian saat cuaca panas sangat penting, lho! Dengan memilih warna yang tepat bisa bikin tubuh kamu terasa lebih sejuk dan nyaman. 

Yaps, ternyata ada beberapa warna baju yang bisa membuat kamu merasa lebih adem dibandingkan warna lainnya. Mau tahu warna apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Warna Baju yang Cocok Dipakai saat Cuaca Panas

Ternyata, mengenakan baju yang berwarna cerah dan terang saat cuaca panas bisa membuat tubuh jadi terasa lebih adem dan nyaman. Hal ini karena warna tersebut memiliki kemampuan yang baik untuk memantulkan sinar matahari dibandingkan warna gelap.

Selain dapat memantulkan sinar matahari, baju dengan warna-warna cerah dapat menciptakan atmosfer yang ceria dan look yang fresh.

Nah, untuk memudahkan LocalLady dalam memilih warna baju yang tepat, berikut daftar warna baju yang cocok dipakai saat cuaca panas. Lets’ take a look!

Warna Putih

Baju putih

Baju berwarna cerah yang cocok dipakai saat cuaca panas adalah warna putih. Bukan rahasia lagi kalau warna ini dapat memantulkan radiasi matahari. Sebab itu, memakai baju putih saat cuaca panas akan membuatmu terasa lebih adem dibandingkan warna lainnya.

Selain itu, warna putih juga digambarkan sebagai warna yang sejuk dan dingin, sehingga cocok untuk cuaca panas. Nggak heran bila baju putih termasuk must have item yang ada di lemari. Kamu bisa klik di sini untuk mendapatkan baju putih seperti di atas.

Warna Abu-abu Terang

OOTD hijab simple

Selain warna putih, baju berwarna abu-abu terang juga jadi alternatif yang cocok dipakai saat cuaca panas. Terlebih bagi kamu yang enggan memakai baju putih karena mudah kotor. 

Warna abu-abu terang dapat menghalau panas matahari terserap ke pakaian, jadi kamu pun akan merasa lebih nyaman dan sejuk. Sebaliknya, baju berwarna abu-abu gelap tidak disarankan dipakai saat musim panas.

Warna Kuning

Baju warna cerah seperti kuning dapat membuat tubuh terasa lebih adem saat cuaca panas. Hal ini karena warna yang memiliki kesan ceria ini bisa memantulkan radiasi matahari dengan baik.

Ada acara outdoor saat cuaca panas? Jangan khawatir, kamu bisa mengenakan baju warna kuning sebagai alternatif. Selain itu, baju yang satu ini juga dapat memberikan kesan ceria, lho.

Warna Coral

baju coral

Saat cuaca panas melanda, kamu bisa memakai baju warna coral. Warna coral sendiri merupakan hasil perpaduan antara warna merah, jingga, dan sentuhan nuansa merah muda yang lembut.

Karakteristik warna ini cocok dipakai bagi kamu yang ingin sentuhan feminin, ceria, dan energik pada penampilan. Sama seperti warna terang lainnya, baju coral dipercaya dapat meminimalisir panas cahaya matahari yang terserap ke pakaianmu.

Warna Pink

Baju warna pink

Pakaian warna pink atau merah muda yang memiliki nuansa lebih terang bisa membantu kamu merasa lebih nyaman di bawah terik matahari. Tak hanya menjaga kesejukan tubuh, warna ini juga dapat memberikan kesan yang lembut, menenangkan, dan feminin.

Baju pink cocok banget buat kamu yang suka tampilan feminim tapi tetap ceria setiap harinya. Biar penampilanmu tetap stylish, padukan baju pink dengan bawahan celana atau rok putih. Stunning!

Sementara untuk hijabnya, pilih hijab motif berwarna pastel seperti lavender. Lalu tambahkan aksesoris berupa brooch, kacamata hitam, hingga sling bag. Dengan begitu, kamu nggak perlu worry lagi beraktivitas di bawah terik matahari.

Warna Biru Terang

Dress hijab

Selanjutnya ada baju berwarna biru terang atau biru langit yang menjadi pilihan nyaman saat beraktivitas di bawah terik matahari. Warna dengan kesan lembut dan tenang ini dapat mengurangi penyerapan panas pada pakaian.

Selain itu, saat cuaca panas baju biru bisa memberikan efek psikologis yang sejuk, damai dan menyegarkan. Kamu bisa memakai baju biru langit untuk acara-acara santai di luar ruangan maupun acara semi formal.

Warna Ungu Muda

Blazer wanita hijab

Rekomendasi warna terang selanjutnya adalah warna ungu muda seperti lavender atau warna ungu pastel lainnya. Sama seperti warna terang sebelumnya, ungu juga dapat mengurangi penyerapan panas di pakaian. 

Jadi, kamu bisa menjadikan baju berwarna ungu sebagai alternatif saat beraktivitas di luar ruangan. Agar penampilan tetap stylish, kamu tinggal kombinasikan dengan fashion item lainnya yang berwarna senada untuk mempertahankan kesan sejuk.

Warna Beige atau Khaki

Warna baju untuk cuaca panas

Warna-warna netral lain seperti beige atau khaki juga bisa dipakai saat cuaca panas, lho. Warna yang jadi favorit banyak orang ini cenderung nggak menyerap panas seperti warna gelap.

Bukan hanya nyaman dipakai di bawah terik matahari saja, baju warna beige atau khaki juga mudah dikombinasikan dengan berbagai bawahan. Baju berwarna beige atau khaki cocok untuk kamu yang gak ingin tampilan mencolok.

Untuk menjaga kesan anggun, lembut, dan menenangkan, kamu bisa menggunakan celana kulot putih. Padukan pula dengan hijab motif berwarna senada dengan baju beige yang dikenakan.

Baca Juga: Sering Jadi Andalan, Ini Warna Hijab Earth Tone yang Wajib Dimiliki

Warna Pastel

Baju warna pastel

Terakhir ada warna pastel yang dikenal sebagai warna yang memberikan kesan lembut dan cerah, tapi tidak terlalu mencolok. Warna pastel seperti hijau muda, mint, peach, atau lavender menjadi pilihan yang tepat untuk cucaca panas.

Hijau hijau muda menjadi salah satu warna pastel yang menciptakan kesan lembut dan khas dengan nuansa alam yang fresh. Baju hijau muda cocok dipakai saat cuaca lagi panas-panasnya dan berpergian di tempat yang terbuka seperti gunung atau piknik di taman.

Sementara dari sudut pandang psikologis warna pastel dapat memberikan kesan optimis, semangat, dan ceria pada penggunanya, lho. So, tertarik memakai baju warna ini?

Baca Juga: Rekomendasi OOTD Baju Warna Pastel untuk Wanita

Adapun warna baju yang sebaiknya dihindari saat cuaca panas adalah hitam, navy, hijau tua, dan warna gelap lainnya. Hal ini karena warna-warna tersebut tidak cukup baik dalam memantulkan radiasi matahari. 

Nah, itu dia beberapa warna baju yang cocok untuk cuaca panas. Jadi, saat cuaca panas ingatlah untuk memilih warna baju dengan bijak. LocalLady bisa cek koleksi baju wanita berwarna cerah maupun gelap dari Heylocal di sini!

Temukan juga koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal lainnya seperti tas, kerudung, sepatu flat, mukena, pakaian olahraga, dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan, ya!

Baca Juga: Baju Biru Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Ini Dia Daftarnya!

Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *