Tips padu padan modest wear

Tips Padu Padan Modest Wear, Tampil Stylish Anti Ribet

Modest fashion atau modest wear merupakan busana santun atau berpakaian sopan, nggak terlalu mengekspos bagian tubuh. Modest wear nggak hanya dikenakan kaum Muslimah saja, lho. Pasalnya, busana ini bersifat universal, sehingga bisa dikenakan siapa saja. Untuk itu, tak sedikit yang mencari tips padu padan modest wear. 

Karena bertujuan untuk menutup aurat, kerap kali pakaian modest hadir dalam potongan oversized agar tidak menampilkan siluet lekuk tubuh. Nah, berbicara soal modest wear, ada berbagai pilihan mulai dari atasan, bawahan, outer, tunic, dress, hingga jenis busana lainnya. 

Modest wear

Jika tak pandai dalam memadupadankan pakaian, mengenakan pakaian modest bisa membuatmu terlihat membosankan dan nggak matching. Selain itu, terlalu banyak motif atau aksen pada busana juga dapat membuat tampilan jadi sangat ‘berat’. 

Namun jangan khawatir, berikut MinLy bagikan beberapa tips padu padan modest wear agar tampil lebih stylish. Mau tahu seperti apa tipsnya? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Tips Padu Padan Modest Wear

Pemilihan Bahan yang Tepat

Modest wear biasanya memiliki potongan longgar dan serba panjang misalnya kemeja lengan panjang, celana yang longgar, atau rok A-line sepanjang tungkai. Busana serba panjang tentu dapat membuat tubuh gerah.

Nah, untuk menyiasati hal itu sebaiknya pilih busana dari bahan yang adem seperti katun, linen, chambray, rayon atau busana dari serat-serat alami. Bahan-bahan ini mampu membuat kulit ‘bernapas’ lebih baik.

Ingat, dalam memilih bahan pakaian, kamu nggak hanya mengutamakan untuk tampil modis, namun juga nyaman dalam balutan pakaian apapun.

Pilih Motif yang Sesuai

Ketika mengenakan hijab dengan motif, maka sebaiknya hindari menggunakan dress atau busana dengan motif juga.

Sebaliknya, ketika mengenakan hijab tanpa motif atau polos, LocalLady boleh mengenakan busana bermotif. Dalam satu look, ada satu piece busana dengan motif misal cukup atasan atau bawahan.

Baca Juga: Inspirasi Padu Padan Rok Plisket, Cocok untuk Pergi Bukber

Pemilihan Ukuran

Meski busana modest wear sudah memiliki potongan yang longgar, namun sebaiknya hindari ukuran yang terlalu besar. Hal tersebut karena nantinya akan tampak “tenggelam”.

Selain itu, perhatikan juga detail jahitan (di bagian dada ke bawah) serta model dalam pemilihan busana yang akan dipakai.

Paduan Warna

Warna busana yang tepat sesuai dengan pilihan akan membuat tampilan lebih menarik. LocalLady nggak perlu takut bermain dengan warna. Caranya, menyerasikan warna untuk mencapai tampilan modest wear yang simpel dan elegan.

Cara pertama bisa dengan menggunakan warna monokromatik dan memadukan pakaian dengan warna sama. Bisa juga bermain dengan gradasi warna yang lebih terang atau gelap.

Cara berikutnya, jika ingin bermain lebih dari satu warna, padukan maksimum tiga warna yang senada dalam satu tampilan agar tetap terlihat simpel dan minimalis.

Jika masih merasa kebingungan dalam pemilihan warna, kamu bisa menggunakan color wheel atau roda warna sebagai panduan untuk membantu memilih warna yang tepat.

Baca Juga: 13 Daftar Warna Jilbab yang Cocok untuk Baju Warna Coklat

Hijab Minimalis

Buat LocalLady yang berhijab, tentu pertimbangan padu padan akan memperhatikan pemilihan kerudung. Saat busana sudah full print atau bermotif, sebaiknya pilih kerudung warna polos.

Mengenakan hijab minimalis juga bisa memberikan keseimbangan saat mengenakan modest wear. Sehingga akan mengesankan sederhana tapi stylish

Pilih Rok Flowy yang Panjang

Rok flowy yang panjang akan membuat penggunanya merasa ringan dan nyaman. LocalLady bisa memilih kain berbahan katun atau linen yang lembut untuk menambah kenyamanan.

Rok wanita sendiri memiliki beragam jenis, yaitu straight skirt yang punya potongan lurus, flared skirt yang melebar pada bagian bawahnya, midi skirt yang memiliki panjang sampai pertengahan betis dan maxi skirt yang panjangnya sampai mata kaki, pleated skirt yang memiliki aksen lipit, dan lainnya.

Meski memiliki banyak jenis, jangan lupa sesuaikan warna atasan dan rok yang dipakai agar penampilanmu tetap matching, ya!

Temukan berbagai koleksi rok panjang dari Heylocal di sini, ya!

Coba Teknik Layering

Tips padu padan modest wear selanjutnya adalah memadukan beberapa jenis pakaian yang memiliki model bahan dan warna berbeda. Berbeda dengan gaya biasanya, pada gaya modest, layering atau pakaian yang bertumpuk merupakan hal biasa.

LocalLady nggak perlu takut akan terlihat unfashionable ketika memakai pakaian bertumpuk, yang terpenting jangan berlebihan dalam melakukan mix and match. Misalnya dengan memadukan atasan tanpa lengan (sleeveless) dengan outer panjang. 

So, jangan takut untuk bereksperimen guna menemukan gaya terbaik dan cocok untukmu, ya!

Baca Juga: Rekomendasi Baju Couple Keluarga untuk Lebaran by Heylocal

Kenakan Aksesori untuk Melengkapi Penampilan

Jangan lupa untuk melengkapi penampilanmu dengan aksesori. Modest fashion nggak melulu harus terkesan membosankan, kamu juga bisa bebas berkreasi, misalnya dengan memakai topi, bros, kacamata hitam, ataupun perhiasan.

LocalLady sedang mencari aksesori? Yuk, cek koleksi aksesori dari Heylocal di sini!

Temukan Gaya Favoritmu

Perkembangan trend fashion seolah nggak ada habisnya, bahkan di setiap musim memiliki trend yang berbeda-beda pula.

Alih-alih berusaha untuk mengikuti semua trend fashion yang ada, sebaiknya fokus untuk menciptakan gaya kamu sendiri.

Temukanlah gaya yang bisa membuatmu merasa percaya diri sekaligus membuatmu tetap merasa nyaman.

Baca Juga: Macam-macam Style Fashion buat OOTD, Mana Favoritmu?

Ide OOTD Modest Wear

One Set Coklat

Inspirasi pakaian modest yang simple adalah menggunakan one set warna coklat. Padukan rok coklat dan jaket coklat. Kamu juga bisa memakai sneakers hitam sebagai alas kaki dan hijab warna senada dengan outfit.

Oversized Vest dan Rok Tulle

Ide OOTD modest wear selanjutnya adalah padu padan oversized vest dan rok tulle. Kombinasi keduanya menciptakan look yang eye catching! LocalLady bisa pakai pointed heels atau boots berwarna hitam.

Long Dress

Bagi LocalLady yang ingin tampilan anggun, kamu bisa menggunakan long dress bermaterial lace dengan motif floral yang indah. Kombinasi long dress, hijab warna senada, dan pointed heels membuat penampilanmu anggun dan elegan.

Nah, itu dia beberapa tips padu padan modest wear yang perlu LocalLady ketahui. Sudah siap tampil stylish dan sopan namun tetap nyaman?

Dapatkan koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti hijab, tas, rok, aksesori, mukena, pakaian olahraga, dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang ya sebelum kehabisan!

Pakaian Casual Itu Seperti Apa?

Casual style adalah gaya berpakaian yang nyaman, santai, dan nggak terlalu formal. Sebab itu, gaya kasual sering digunakan dalam situasi sehari-hari tanpa terlalu banyak pernak-pernik.

Biasanya, casual style ini dipakai saat hangout bersama teman, nongkrong di cafe, atau acara santai lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Outfit Monokrom Wanita, Bukan Cuma Hitam Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *