Setiap orang pasti ingin selalu percaya diri dengan tetap wangi dan segar seharian. Selain menjaga kebersihan tubuh, memakai parfum jadi salah satu cara untuk membuat badan wangi. Karena itu, banyak orang yang mencari parfum tahan lama dengan wangi yang nggak bikin pusing.

Pasalnya, parfum hanya sekadar aroma wangi yang menyenangkan, tapi juga bagian penting dari citra dan kesan yang ditampilkan. Namun sayangnya, nggak semua parfum memiliki daya tahan yang sama.

Beberapa parfum justru aromanya memudar setelah beberapa jam, sementara ada pula yang bertahan sepanjang hari. Sebab itu, memilih parfum yang tepat dan menggunakannya dengan benar dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Jika LocalLady ingin aroma parfum yang dipakai lebih tahan lama, ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Mau tahu seperti apa tipsnya? Simak tips memilih parfum tahan lama dan awet seharian.

Tips Memilih Parfum yang Tahan Lama

Parfum memang memiliki ketahanan yang berbeda-beda. Nah, untuk memastikan parfum kamu tetap wangi sepanjang hari, berikut tips yang harus diketahui ketika memilih wewangian. Keep scrolling!

Perhatikan Kadar Konsentrasi Parfum

Kandungan bahan pewangi di dalam parfum akan memengaruhi ketahanan wangi yang dihasilkan. Extrait de parfum atau sering disebut parfum merupakan tingkatan tertinggi dari jenis wewangian.

Extrait de parfum memiliki kandungan essential sekitar 20-30%. Hanya sedikit penggunaan saja, wanginya bisa bertahan lama. Untuk wewangian yang satu ini biasanya dapat bertahan selama 6 hingga 8 jam, lho.

Selain itu, kadar alkohol pada jenis ini juga sangat sedikit, sehingga cocok untuk yang memiliki kulit sensitif.

Tingkat selanjutnya ada Eau de Parfum (EDP) yang memiliki konsentrasi sedikit lebih rendah, sekitar 15-20%. Meski lebih ringan dari parfum, EDP mampu bertahan selama 4 hingga 5 jam setelah pemakaian.

Eau de Toilette (EDT) mempunyai kandungan minyak esensial lebih rendah lagi, sekitar 5-10%. Aromanya yang lebih ringan membuatnya cocok untuk sehari-hari. Jenis parfum ini dapat bertahan sekitar 2-3 jam saja. 

Pilih Parfum dengan Base Notes yang Awet

Setelah memilih parfum dari kadar konsentrasinya, kamu bisa mengecek kandungan aromanya. Base notes sendiri adalah aroma yang muncul setelah beberapa jam dan bertahan lama. Aroma ini akan berbaur dengan middle notes untuk memberikan kesan wangi yang unik. 

Notes di dalam parfum sendiri terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Top Notes atau Head Notes: Top notes adalah aroma yang muncul pada saat pertama kali menyemprotkan parfum.
  • Middle Notes: Middle notes atau hearts notes adalah wangi yang akan tercium setelah parfum beberapa menit disemprotkan. 
  • Base Notes: Base notes adalah aroma atau wangi yang muncul setelah beberapa jam menyemprotkan parfum. 

Beberapa jenis aroma seperti sandalwood, musk, amber, dan vanilla memiliki daya tahan yang lama. Keharumannya bisa bertahan sekitar 6 jam atau lebih. Jadi, jika ingin parfum tahan lama, kamu bisa memilih wewangian dengan base notes tersebut.

Tes Parfum dengan Menyemprotkannya ke Kulit

Tips memilih parfum selanjutnya adalah dengan menyemprotkannya ke kulit. Perhatikan reaksi kulit terhadap parfum yang digunakan. Jika kulit mengalami iritasi, gatal-gatal, dan kemerahan, segera hentikan penggunaan parfum dan konsultasi dengan dokter.

Cara Pemakaian yang Tepat

Parfum bisa lebih tahan lama jika disemprotkan ke bagian tubuh yang tepat. Aroma parfum dapat jadi lebih kuat saat disemprotkan di bagian nadi. 

Hal ini karena titik-titik nadi di tubuh memiliki suhu yang lebih panas dibanding bagian tubuh lain. Kamu bisa menyemprotkan parfum ke bagian pergelangan tangan, leher, tulang selangka, bagian belakang telinga, bagian dalam siku, hingga bagian belakang lutut.

Ingat, hindari menggosok parfum setelah digunakan, ini karena dapat mengurangi intensitas aroma yang dihasilkan oleh parfum tersebut. Alhasil, aroma parfum pun akan berubah.

Baca Juga: Biar Wangi Seharian, Gini Cara Pakai Body Mist yang Tepat

Hindari Menyemprot Parfum Terlalu Banyak

Mungkin kamu berpikir menyemprot parfum yang banyak akan membuat tubuh jadi semakin wangi dan awet. Padahal hal itu justru bisa membuat kepala sakit jika menghirup aroma parfum yang sangat kuat.

Alih-alih menyemprot parfum terlalu banyak, gunakan parfum secukupnya saja. Jangan lup semprotkan di titik-titik tubuh agar nggak perlu menyemprotkan berulang-ulang kali.

Rekomendasi Parfum Heylocal

Bila LocalLady sedang mencari parfum wanita dengan aroma yang lembut dan segar, berikut ini ada beberapa rekomendasi parfum Heylocal.

Memoire EDP

Parfum wanita

Memoire Eau de Parfum dari Heylocal menawarkan aroma menyenangkan secara instan. Dibuka dengan segarnya aroma bergamot bercampur dengan wangi caramel yang manis dapat meningkatkan mood yang menyenangkan.

Setelah town down wanginya menjadi lebih lembut berkat musk dan vanilla. Memancarkan kesan wanita anggun, elegan, dan percaya diri, Memoire EDP dapat bertahan hingga 5-6 jam.

  • Top Notes : Mandarin, bergamot, dan white floral
  • Heart/middle Notes: Caramel, rose, dan gourmand
  • Base Notes: Sandalwood, amber, musk, dan vanilla

Parfum wanita dari Heylocal ini bisa kamu dapatkan di sini!

Saudade EDP

Parfum tahan lama

Saudade Eau de Parfum adalah parfum wanita yang memiliki aroma yang harmonis antara nuansa segar, manis, dan woody. Aroma bergamot yang menyegarkan akan menjadi pembuka saat kamu menyemprotkan parfum ini.

Campuran floral yang lembut, termasuk mawar maroko dan bunga violet akan memanjakan indera penciumanmu dengan pesona yang tak terhankan. Pada middle notes terdapat violet, jasmine, nerole, osmanthus, dan caramel.

Parfum dengan campuran aroma buah dan bunga ini dapat bertahan sekitar 5-6 jam. Dapatkan Saudade Eau de Parfum di sini!

  • Top Notes: Bergamot, lemon, blood orange, blackcurrant, dan tagete
  • Heart/middle Notes: Violet, jasmine, neroli, osmanthus, dan caramel
  • Base Notes:  Amber, sandalwood, vetiver, musk, tonka bean, dan cedarwood

Truly Yours

Parfum Heylocal

Rekomendasi parfum wanita yang terakhir ada Truly Yours. Aroma buah raspberry, apple, dan pineapple menebarkan kesegaran yang menyenangkan pada semprotan pertama. Keharumannya pas untuk memulai hari dengan penuh semangat dan kegembiraan.

Aroma fruity yang lembut dan segar diseimbangkan oleh vanilla, amber, sandalwood, dan musk. Botolnya yang elegan menambah kesan mewah bagi parfum yang satu ini. Temukan parfum Truly Yours dari Heylocal di sini!

  • Top Notes: Raspberry, apple, pineapple, dan vanilla
  • Middle Notes: Jasmine, muguet, cyclamen, freesia, dan vanilla
  • Base Notes: Sandalwood, coconut, musk, tonka, vanilla, caramel, dan amber

Nah, itu dia beberapa tips dan rekomendasi memilih parfum tahan lama. Dari rekomendasi parfum Heylocal di atas, mana yang jadi favoritmu?

Temukan juga koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal lainnya seperti tas, kerudung, sepatu flat, mukena, pakaian olahraga, dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan, ya!

Baca Juga: 6 Inspirasi Earth Tone Outfit ala Heylocal, Lebih Catchy dan Modis

Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *