Tips memakai flat shoes

Tips Memakai Flat Shoes biar Kaki Gak Lecet, Yuk Coba!

Flat shoes atau sepatu flat adalah variasi sepatu populer dengan sol datar. Memiliki model dan warna yang beragam membuat sepatu ini banyak disukai dan sering dikenakan oleh wanita. Namun sayangnya, masalah lecet di kaki sering menghantui pengguna flat shoes

Lecet saat memakai flat shoes adalah masalah umum yang sering dihadapi wanita. Penyebabnya pun beragam, mulai dari ukuran sepatu yang kurang tepat, bahan sepatu terlalu keras dan kasar, hingga frekuensi gesekan yang terlalu sering dengan bagian dalam sepatu flat.

Apakah LocalLady pernah mengalaminya? Jika iya, kamu nggak perlu khawatir karena ada cara menurunkan risiko luka di kaki saat memakai sepatu flat. Mau tahu seperti apa caranya? So, without any further do, let’s check this out, LocalLady!

Tips Pakai Flat Shoes

Sepatu Flat adalah jenis sepatu populer yang penuh gaya, praktis, punya model beragam, dan nyaman. Namun seringkali muncul masalah kaki lecet saat memakai jenis sepatu yang satu ini. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa ikuti tips berikut ini ya.

Flat shoes kekinian

1. Pastikan Flat Shoes dalam Keadaan Kering

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah dengan memastikan flat shoes dalam kondisi kering sempurna sebelum digunakan. Hindari memakai sepatu flat yang masih basah atau lembap.

Sebab, hal itu bisa membuat lengket saat alas kaki tersebut dipakai. Hal tersebut juga mampu memicu lecet pada kaki saat sepatu lembap digunakan sepanjang hari.

2. Menggunakan Petroleum Jelly

Lecet di kaki saat menggunakan flat shoes bisa disebabkan karena frekuensi gesekan yang terlalu sering dengan bagian dalam sepatu flat. Nah, untuk mengurangi gesekan itu kamu bisa menggunakan petroleum jelly. 

Caranya cukup mudah, LocalLady hanya perlu mengoleskannya pada bagian belakang kaki yang kerap menjadi tempat munculnya luka dan biarkan selama 2 menit sehingga petroleum jelly mulai mengering. Setelah itu, barulah pakai flat shoes.

Well, petroleum jelly tersebut akan melicinkan kulit bagian belakang kaki, sehingga saat LocalLady jalan gesekan antara kulit belakang kaki dan sepatu akan berkurang. Alhasil, kamu bisa terbebas dari luka lecet saat mengenakan sepatu flat deh! 

Baca Juga: Rekomendasi Mukena Terbaru untuk Salat Ied, Adem dan Elegan!

3. Pakai Kaus Kaki

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan memakai kaus kaki. Tips yang satu ini dianjurkan bagi LocalLady yang gampang berkeringat.

Hal ini karena kaki yang berkeringat dan lembab bisa menjadi penyebab munculnya luka lecet karena akan meningkatkan gesekan antara belakang kaki dan bagian dalam sepatu kamu.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa memakai kaus kaki. Pilih kaus kaki tipis serupa warna kulit atau stocking, agar tetap fashionable. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kelembapan sepatu akibat keringat kamu. Supaya kelembapan tersebut nggak menimbulkan lecet.

4. Mengaplikasikan Bedak Tabur

Mengaplikasikan bedak tabur pada seluruh permukaan kaki serta menaburkan bedak pada bagian dalam sepatu flat dapat menghindari luka lecet pada kaki. Hal ini karena dapat mengurangi gesekan akibat bagian dalam sepatu yang licin.

Nah, penggunaan bubuk bedak tabur bisa jadi trik supaya dalaman sepatu nggak licin. Namun perlu diperhatikan, pastikan kaki kamu dalam kondisi kering ketika memakainya agar nggak lembap.

Cara satu ini nggak hanya dapat menghindari kondisi kaki lecet tetapi juga mengatasi masalah bau kaki, lho. So, wanna try this, LocalLady?

5. Gunakan Plester 

Tips berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pelindung seperti plester. Kamu hanya perlu menempelkan plester luka atau solatip pada bagaian belakang kaki yang sering mengalami luka lecet akibat sepatu.

Hal ini tentu sangat membantu dalam melindungi kaki saat beraktivitas seharian, terutama ketika memakai flat shoes. Sebab, plester bisa mengurangi gesekan secara langsung antara kulit dengan sepatu flat.

Pastikan kamu memilih plester berukuran besar sehingga ketika bergesekan dengan sepatu, plester nggak mudah lepas.

Baca Juga: Jenis Busana Muslim Wanita Paling Populer, Cocok untuk Lebaran

6. Gunakan Silikon Khusus Sepatu

Selain menggunakan plester atau solatip, kamu juga bisa memanfaatkan karet silikon khusus untuk sepatu. Sesuai dengan namanya, barang ini terbuat dari silikon yang direkatkan pada telapak kaki sehingga kaki bisa tetap still atau diam dan nggak banyak bergesekan dengan sepatu.

Silikon khusus sepatu ini sudah banyak beredar di pasaran atau online shop. Modelnya pun beragam, ada yang hanya ditempelkan pada telapak kaki, ada juga yang lebih panjang hingga melindungi bagian belakang kaki. It’s super easy and comfy, lho!

7. Pastikan Sepatu Masih Cukup di Kaki

Saat hendak menggunakan flat shoes, pastikan bahwa besaran alas kaki tersebut masih muat di kaki kamu. Begitu pula saat hendak membeli sepatu yang baru.

Hindari memakai alas kaki yang terlalu sempit, ini karena dapat membuat risiko lecet semakin tinggi dan membuatnya nggak nyaman saat dikenakan sehari-hari.

Baca Juga: Fashion Item Wajib untuk Ngantor ala Mbak-mbak SCBD

8. Perhatikan Kualitas Flat Shoes

Bukan hanya soal ukuran, tetapi kualitas sepatu juga perlu diperhatikan dengan baik. Jangan sampai kamu memakai flat shoes yang kurang bagus dan mengorbankan kesehatan kaki karena nggak nyaman atau terlalu tipis. Kondisi sepatu yang gak nyaman bisa bikin iritasi dan lecet-lecet.

Bila LocalLady sedang mencari flat shoes, kamu bisa banget cek koleksi sepatu flat dari Heylocal.

Flat shoes dari Heylocal menggunakan material vegan leather dan mempunyai pad yang nyaman, sehingga cocok dikenakan sehari-hari. Klik di sini untuk melihat pilihan model dan informasi lebih lengkapnya, ya!

Nah, itu dia beberapa tips memakai flat shoes biar gak lecet yang perlu kamu ketahui. Mulai sekarang LocalLady nggak perlu khawatir lagi masalah kaki lecet. 

Yuk, temukan koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti tas, kerudung, sepatu, mukena dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *