Hijab voal

Tips dan Cara Merawat Hijab Voal yang Tepat

Hijab voile atau yang lebih dikenal dengan hijab voal tampaknya menjadi primadona dalam beberapa waktu belakangan. Hal itu karena hijab ini memiliki bahan yang nyaman, adem, dan mudah dibentuk.

Pada dasarnya, bahan voal memiliki karakteristik kain yang lembut, tipis tapi tidak transparan, ringan, dan breathable. Meski bahannya cenderung kuat, namun jilbab ini juga bisa rusak. Maka dari itu, dalam merawat hijab voal juga tidak boleh sembarangan, lho

Jika salah merawatnya atau tidak tepat, hijab voal bisa rusak. Apalagi jika menggunakan detergen bahan tertentu atau menyetrikanya dengan suhu yang tinggi.

Untuk itu, penting untuk mengetahui tips dan cara merawat hijab bahan voal agar tetap awet.

Cara merawat hijab voal

Berikut cara merawat hijab bahan voile yang tepat. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Pisahkan dengan Jilbab Lain

Sebelum dicuci, usahakan memisahkan hijab sesuai dengan jenis kain dan warnanya. Tujuan dari pemisahan ini agar jilbab bisa dicuci secara bersih dengan teknik berbeda dan menghindari lunturnya warna jilbab. Jika proses pencucian hijab voal dipisahkan, akan menjaga kualitas warna hijab juga.

Cuci Menggunakan Tangan 

Alih-alih mencucinya dengan mesin cuci, sebaiknya cucilah hijab voal menggunakan tangan dengan cara dikucek dan dibilas dengan lembut. Meski tidak mudah berbulu, hijab bahan ini tetap lebih baik dicuci dengan tangan.

LocalLady juga perlu menghindari menyikat dan mengucek hijab terlalu keras. Terlebih jika tidak kotor. 

Gunakan Deterjen Cair yang Ringan

Cara dan tips merawat hijab selanjutnya adalah dengan merendamnya menggunakan deterjen yang ringan dan lembut. Pastikan mencucinya menggunakan tangan dan menggunakan deterjen cair.

Ada alasan mengapa tidak disarankan menggunakan deterjen bubuk untuk mencuci hijab dengan bahan ini. Hal tersebut karena deterjen bubuk  biasanya tidak larut dalam air secara sempurna, sehingga dapat menyebabkan tekstur kain voal cepat rusak ketika dicuci. Jika dibiarkan menumpuk, maka akan merusak bahannya.

Oleh karena itu, sebaiknya cuci dengan deterjen cair yang sifatnya cepat larut dalam air serta lembut. Rendam hijab dalam air bersama deterjen selama 15 menit. Hijab yang sudah direndam, dikucek sedikit untuk membersihkan noda dan bakteri yang menempel.

Angkat hijab dan bilas bersih dengan air. Setelah selesai, bilas lagi menggunakan pelembut pakaian atau softener. Dalam menggunakan pelembut sebaiknya jangan terlalu banyak karena bisa merusak tekstur hijab.

Hindari Menjemur Hijab di Bawah Sinar Matahari Langsung

Setiap hijab bahan voile memiliki kualitas warna yang berbeda, khususnya yang memiliki motif. Untuk menjaga warna dan motifnya, sebaiknya menghindari pancaran sinar matahari langsung saat menjemur hijab.

Oleh karena itu, disarankan untuk menjemur hijab voal di tempat yang sejuk dan kering saja.

Baca Juga: Inspirasi Outfit Bukber Hijab yang Simpel tapi Stylish, Yuk Coba!

Jangan Menyetrika dengan Suhu Tinggi

Pada saat menyetrika hijab voal, pastikan suhu setrika pada suhu sedang atau medium. Pasalnya, menyetrika dengan suhu tinggi atau panas akan merusak kelembutan dan warna dari jilbab.

LocalLady juga bisa melapisi jilbab dengan bahan lain saat menyetrika. Cukup setrika di bagian tengah saja, agar jilbab tetap tegak dan mudah diatur. Voal bukan termasuk jenis kain yang mudah lecek, jadi cukup setrika dengan suhu rendah hingga sedang saja.

Hijab dari Heylocal dengan bahan finest voile cenderung tidak mudah kusut dan mudah dibentuk, sehingga tidak perlu sering disetrika. Apabila disetrika pun cukup dengan suhu yang sedang saja.

LocalLady bisa cek koleksi hijab voal dari Heylocal di sini, ya!

Hindari Menggunakan Peniti

Tips merawat hijab yang tak kalah penting adalah menghindari penggunaan peniti saat akan menyematkan hijab. Hal ini karena peniti dapat membuat jilbab cepat bolong dan merusak teksturnya. 

Alih-alih menggunakan peniti, cobalah menyematkan jilbab voal menggunakan jarum pentul atau tuspin.

Baca Juga: Tampil Menawan, Ini 7 Cara Styling Bros Hijab

Cara Menyimpan Hijab

Penyimpanan hijab voal juga perlu diperhatikan. Agar hijab tidak mudah kusut atau rusak, hindari melipatnya. Menggantungkannya di hanger akan lebih baik dan membuatnya tidak mudah kusut, dengan begitu maka hijab pun tidak harus selalu disetrika.

Selain itu, hijab voal sebaiknya tidak ditumpuk atau disatukan dengan pakaian lain. Pastikan juga menyimpan jilbab di tempat terbuka atau jauhkan dari tempat atau lemari yang lembab, ini karena bisa menimbulkan jamur dan merusak jilbab. Tentu LocalLady nggak mau hal ini terjadi kan?

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan dalam merawat hijab bahan voal. Mudah banget kan, LocalLady?

Temukan koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti tas, kerudung, sepatu, mukena dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *