Style hijab sesuai dengan bentuk wajah

5 Style Hijab yang Sesuai dengan Bentuk Wajah, Jangan Salah Ya!

Seiring berkembangnya busana muslim, tren hijab pun ikut mengalami perkembangan. Kini, sudah banyak model, motif, dan jenis hijab yang beredar di pasaran. Selain bahan, pemilihan model hijab juga ada triknya tersendiri dan nggak bisa sembarangan lho.

Pasalnya, model hijab yang nggak sesuai dengan bentuk wajah dapat membuat penampilan dengan hijab jadi kurang maksimal. Sebab itu, penting untuk memilih model hijab yang sesuai dengan style dan model wajah kamu agar tampilan lebih memukau, serta membingkai wajah dengan sempurna.

Namun sayangnya masih banyak wanita yang belum menemukan style yang pas dan sesuai dengan bentuk wajah mereka. Bagi LocalLady yang masih bingung bagaimana cara memakai hijab sesuai dengan struktur wajah, coba simak artikel berikut ini ya!

Tips dan Cara Memilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Seperti diketahui, ada beberapa tipe bentuk wajah yaitu bulat, oval, persegi panjang, bentuk hati, diamond, dan kotak. Nah, agar penampilan hijabmu semakin cantik dan pas, yuk simak tips dan caranya di bawah ini.

Pemilik Wajah Bulat

Bentuk wajah bulat

Wanita yang punya bentuk wajah bulat seringkali memiliki pipi yang chubby dan dagu bundar. Karena itu, nggak jarang pemilik wajah bulat memakai hijab dengan cara dimajukan sedikit di bagian pipi untuk menutupinya. Dengan begitu, dagu juga dapat terlihat lebih lancip.

Lalu sisa kain jilbab bisa diikat ke bagian leher untuk memberikan efek lebih tegas di bagian pipi, sehingga wajah tampak lebih panjang. Namun, jika memiliki dahi berbentuk bulat, maka kamu bisa memakai topi untuk mengurangi kesan bulat.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih hijab dengan bahan loose, chiffon, voal, hingga crepe. Wanna try?

Pemilik Wajah Oval

Jilbab sesuai bentuk wajah

Bagi pemilik wajah oval atau lonjong sebenarnya dapat memakai hijab dengan gaya apapun. Misalnya hijab yang terbuka pada area tulang pipi di sekitar telinga hingga ke dagu ataupun menata jilbab dengan bagian depan menjulur ke dada. Untuk style yang lebih simpel dan terlihat rapi, cobalah gaya ikat leher.

Namun bagi LocalLady yang memiliki bagian dahi panjang dan lebar, kamu bisa menyiasatinya dengan memakai inner atau ciput untuk memberikan efek proporsi pemakaian hijab yang lebih pas. 

Baca Juga: Makin Cantik Pakai Jilbab Motif, Intip Ide Mix and Match yang Tepat

Pemilik Wajah Kotak

Memilih hijab sesuai bentuk wajah

Ciri khas wajah berbentuk kotak adalah kedua sisi wajah atau pipinya lurus dengan garis rahang dengan lekukan yang sangat minim pada bagian dagu. Panjang dan lebar wajah pun hampir sama, sehingga menimbulkan ilusi kotak.

Adapun tips penting untuk pemilik wajah kotak adalah menggunakan jilbab yang menutup bagian dahi, dagu, dan kedua sisi rahang untuk membuat penampilan terlihat lebih oval atau bulat.

Pemilik bentuk wajah ini sebaiknya menghindari penggunaan hijab yang meruncing atau lancip di bagian dahi, terlebih memperlihatkan dagu bagian bawah. Let’s try LocalLady!

Pemilik Wajah Hati

Gaya hijab ikat leher

Nah, kalau wajah berbentuk hati mempunyai ciri bentuk wajah yang kecil, jarak antara mata dan dahi cukup dekat, serta terlihat lancip pada bagian dagunya. Karena itulah, pemilik wajah dengan bentuk ini terlihat lebih baik saat hijab dibentuk agar terlihat longgar pada bagian dahi.

Dengan begitu, wajah akan terlihat kurang lebih sama dan juga seimbang dengan struktur dagu. Bila ingin memakai jilbab praktis, kamu bisa memilih model bergo ya! 

Baca Juga: Ini Daftar Warna Jilbab yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Pemilik Wajah Diamond

Style hijab

Pesona bentuk wajah ini terletak pada kelembutan sudut-sudutnya. Bagi pemilik bentuk wajah diamond, kamu bisa menggunakan trik menarik hijab ke depan untuk menutupi sebagian pipi. Hal tersebut guna mengimbangi tulang yang tinggi. 

Selain itu, hindari pula penggunaan ciput karena bisa menutupi dahi, sehingga nggak seimbang dengan bagian dagu yang lancip.

Namun jika ingin menonjolkan tulang pipi, kamu dapat memundurkan sedikit bagian jilbab pada pipi agar lebih lebar dan memberikan ilusi lebar yang sama dengan dahi. So, wanna try this style?

Untuk mencoba beberapa tips memakai hijab sesuai dengan bentuk wajah seperti di atas, kamu bisa menggunakan hijab square yang nyaman dan adem saat dipakai. Kamu juga bisa cek semua koleksi hijab polos atau motif dari Heylocal di sini!

Tips Mengenali Bentuk Wajah

Untuk menentukan bentuk wajah kamu, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Apa sajakah itu? Simak berikut ini.

  • Identifikasi bagian terluas dari wajah

Pertama-tama kamu perlu melihat dan mencari tahu bagian terluas dari wajahmu. Jika dahi dan wajah meruncing ke bawah dengan lembut ke arah dagu, itu berarti kamu memiliki wajah berbentuk hati.

Namun, jika area tulang pipi adalah yang terluas, maka kamu memiliki bentuk wajah diamond. Sementara bila setiap area wajah sama lebarnya, maka itu berarti wajah kamu berbentuk persegi atau bulat.

  • Lihat bentuk rahang

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bentuk rahang. Biasanya, orang dengan bentuk rahang bulat memiliki bentuk wajah yang bulat pula. Sementara, wajah berbentuk persegi cenderung memiliki garis rahang paling kuat. 

Meski begitu, bentuk wajah diamond juga kerap memiliki rahang persegi. Namun jika kamu memiliki dagu yang runcing, maka itu berarti wajah kamu berbentuk hati.

  • Panjang wajah

Untuk menentukan panjang wajah, kamu dapat mengukur dua garis wajah, satu garis horizontal tepat di bawah mata, dari satu telinga ke telinga lainnya. 

Jika satu rasionya 1 lebar dan 1,5  panjang, maka kamu berarti memiliki panjang wajah rata-rata. Namun, bila rasionya 1:1 itu berarti kamu mempunya bentuk wajah bulat. Jika memiliki wajah yang panjang, maka kemungkinan kamu memiliki bentuk persegi panjang atau lonjong, namun bisa juga menjadi indikator bentuk wajah lainnya.

Nah, itu dia beberapa tips dan cara memilih hijab sesuai dengan bentuk wajah. Dengan mengetahui tips tersebut, kamu gak perlu bingung lagi memilih hijab yang sesuai dan akan lebih percaya diri untuk tampil menawan di setiap kesempatan.

Temukan koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti tas, kerudung, pakaian olahraga, flat shoes, mukena, dan busana muslim wanita di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan ya!

Baca Juga: 7 Referensi Baju Atasan Wanita Kekinian dan Trendy, Intip Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *