Bahan baju polyester

Mengenal Bahan Polyester: Karakteristik Hingga Kelebihannya

LocalLady pasti sudah nggak asing dengan bahan polyester, bukan? Pasalnya, banyak pakaian yang kini menggunakan polyester sebagai bahan utamanya. Bahan ini adalah salah satu pilihan kain yang paling populer digunakan dalam mode busana, bahkan sudah menjadi bintang dalam industri tekstil.

Bukan hanya pakaian, kain poliester juga digunakan sebagai bahan baku sprei, karpet, selimut, dan lain-lain. Adapun bahan polyester adalah bahan tekstil yang terbuat dari serat sintetis. 

Serat tersebut dibuat dari senyawa kimia, ethylene glycol, dan asam tereftalat, yang dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Ingin mengenal bahan polyester lebih jauh, LocalLady? Yuk, kenalan dengan bahan satu ini, mulai dari karakteristik hingga kelebihannya. Simak di bawah ini, ya!

Seperti Apa Karakteristik Bahan Polyester?

Setiap bahan tentu memiliki karakteristik tersendiri, begitu pula dengan poliester. Berikut karakteristik bahan poliester yang perlu diketahui.

Bahan polyester
Photo:Pinterest

Awet dan Tahan Lama

Karakteristik bahan polyester adalah cenderung awet dan tahan lama dibandingkan bahan lainnya.

Nggak Mudah Kusut

Bahan satu ini merupakan tipe kain yang terlihat mengkilap dan nggak mudah kusut atau lecek. Apabila menjadi bahan baku pakaian, maka kain polyester dapat langsung digunakan tanpa perlu disetrika terlebih dahulu. Jadi, LocalLady nggak perlu repot, deh.

Kuat tapi Ringan

Serat yang digunakan untuk membuat bahan poliester sangat kuat, tapi ringan.

Mudah Dibersihkan

LocalLady juga nggak perlu khawatir karena bahan poliester mudah dibersihkan. Meski Polyester juga mudah diwarnai dan mudah untuk dibersihkan pula. Meski dicuci berulang kali, bahan ini akan tetap dapat mempertahankan bentuk dan ukurannya. 

Perawatan yang Mudah

Pakaian yang terbuat dari poliester sangat mudah dirawat. Perawatannya bisa dilakukan hanya dengan dicuci dan dikeringkan di rumah. 

Bahan Halus

Karakteristik kain polyester berikutnya adalah memiliki kain yang halus dan lembut seperti kain sutra.

Jenis-jenis bahan polyester

Bahan sintetis yang satu ini juga diklasifikasikan menjadi 4 jenis. Mau tahu apa saja? Read on!

Lacoste CVC Pique

Jenis bahan polyester
Photo: Freepik

Bahan Lacoste CVC Pique ini terbuat dari campuran poliester dan katun. Selain itu, jenis bahan ini juga tahan lama dan nggak cepat rusak.

PE

Bahan polyester
Photo: Vaimocsaigon

Bahan PE 100% terbuat dari polyester tanpa campuran apapun. Biasanya bahan PE kerap digunakan untuk memproduksi pakaian secara massal dikarenakan biaya produksi terhadap kain ini jauh lebih terjangkau dibandingkan katun.

Lacoste PE Pique

Kain lacoste pe pique
Photo: Freepik

Bahan Lacoste PE Pique ini terbuat dari 100% polyester. Bahan ini memiliki karakter agak panas dan tidak mudah menyerap keringat. Adapun ciri khasnya terdapat lubang pori-pori yang berukuran sama pada permukaan bahannya.

Bahan Woven

Bahan woven
Photo: Freepik/rawpixel

Bahan woven dibuat dengan menggunakan dua atau lebih set benang yang saling bertaut pada siku-siku satu sama lain. Ada banyak variasi yang dapat dihasilkan dari menenun, contohnya jenis bahan woven flanel, beludru, dan denim.

Jenis bahan satu ini permukaannya terlihat lebih kasar dibandingkan tiga bahan sebelumnya. Namun, ketika diraba bahan ini mempunyai permukaan yang terasa halus.

Baca Juga: Jenis-jenis Kain Terbaik untuk Bahan Pakaian, Apa Saja Ya?

Drill

Kain drill
Photo: Freepik

Selanjutnya kain drill, yang merupakan jenis kain yang diperoleh dari campuran katun dan polyester. Semakin tinggi kandungan katunnya maka harganya pun makin meningkat.

Selain itu, semakin banyak kadar katunnya, pakaian yang dihasilkan bisa lebih nyaman ketika dipakai. Dalam industri tekstil, kain satu ini pemanfaatannya terbilang luas, mulai dari seragam kantor, pakaian kerja lapangan, blazer atau jas, dan lainnya.

Kain TC

Jenis bahan polyester
Photo: Freepik

Kain TC (tetoron cotton atau tetron cotton) merupakan jenis kain yang banyak digunakan untuk seragam sekolah. Tetron cotton diperoleh dari kombinasi katun dan polyester dengan komposisi 35% katun dan 65% poliester.

Kain tetoron katun dapat dibedakan dalam beberapa variasi berupa TC Nyonya, TC Golden, TC Dakron, dan TC Kijang. Bukan hanya itu, kain ini ada juga yang sudah berbentuk motif kotak-kotak atau corak tertentu. Biasanya kain motif tersebut digunakan untuk rompi sekolah.

Kelebihan Bahan Polyester

Setelah mengetahui karakteristik dan jenis-jenis bahan polyester, yuk ketahui kelebihan dari kain yang satu ini.

1. Elastis

Pakaian yang terbuat dari poliester lebih elastis dan dapat kembali ke bentuk semula meski setelah direntangkan. Pemakainnya pun bisa bebas bergerak.

2. Tahan Air

Kelebihan bahan polyester yaitu tahan air karena mudah menyerap panas. Oleh sebab itu, beberapa barang atau produk yang digunakan untuk keperluan outdoor, misalnya payung, tenda, jaket parka, hingga jas hujan dibuat menggunakan poliester sebagai bahan utamanya.

3. Daya Tahan yang Tinggi

Bahan poliester memiliki daya tahan yang tinggi, lho. Hal ini karena polimernya yang panjang dan juga stabil membuat bahan satu ini menjadi kuat dan nggak mudah menyusut atau berubah ukuran.

4. Tahan Terhadap Kuman dan Bakteri

Bahan ini cukup tahan akan kuman dan bakteri, sehingga nggak perlu khawatir mengalami gatal-gatal atau alergi. Karena itulah poliester menjadi pilihan untuk membuat seprai, sarung bantal, dan selimut.

Kekurangan Bahan Polyester

Setelah mengetahui kelebihan bahan poliester, yuk simak kekurangan dari bahan satu ini.

1. Nggak Mudah Menyerap Cairan

Sifat tahan air dari kain polyester membuatnya nggak mudah menyerap keringat. Apabila pada udara panas, pakaian dengan bahan ini biasanya menempel dengan lengan pada kulit.

2. Bisa Menyusut

Kain poliester bisa menyusut saat terkena panas berlebihan. Karena itu, perlu berhati-hati saat menyetrika pakaian dengan bahan ini.

Produk yang Menggunakan Kain Polyester

Berikut produk-produk yang kerap menggunakan kain poliester sebagai bahan utamanya.

  • Pakaian
  • Selimut, seprai, dan sleeping bag
  • Sportswear
  • Mantel
  • Payung
  • Tenda untuk berkemah

Secara keseluruhan, bahan polyester adalah kain sintetis serba guna yang memungkinkan kenyamanan dan kinerja yang baik.

Nah, itulah beberapa hal seputar kain polyester, mulai dari karakter hingga kekurangannya. 

Temukan koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti tas, kerudung, sepatu, mukena dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan!

Bahan Polyester Panas atau Tidak?

Meski memiliki tekstur yang lebih ringat dan halus, namun sayangnya saat cuaca panas, bahan polyester bisa menjebak keringat di kulit sehingga jadi terasa lebih panas.

Sebaliknya, saat cuaca dingin atau musim hujan penggunaannya lebih maksimal karena permukaannya bisa menahan rasa hangat.

Apakah Bahan Polyester Bisa di Setrika?

Bahan poliester memiliki kandungan serat plastik yang tidak tahan panas dan gampang sensitif ketika terkena panas. Suhu tinggi dapat membuat tekstur pakaianmu rusak dan bolong. Oleh sebab itu, kain polyester sebaiknya tidak perlu di setrika.

Baca Juga: Yuk Kenali Bahan Hijab Scarf yang Nyaman, Jangan Salah Pilih Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *