Macam-macam style fashion

Macam-macam Style Fashion buat OOTD, Mana Favoritmu?

Seiring perkembangan zaman, tentunya akan selalu memicu adanya tren-tren fashion baru. Terbukti setiap tahunnya dalam dunia fashion selalu ada style baru yang muncul. Setidaknya, ada sebelas macam-macam style fashion yang perlu kamu ketahui.

Style dalam dunia fashion memang beragam. Macam-macam style fashion pun menawarkan pilihan bagi setiap individu untuk mengekspresikan diri dan tampil sesuai dengan kepribadian mereka.

Fashion yang melekat pada diri seseorang akan membentuk suatu ciri khas tersendiri.

Oleh karena itu, memahami tren yang sedang berlangsung tentunya dapat membantu kita untuk tetap up-to-date dan sekaligus menemukan gaya fashion sesuai kepribadian. 

Di dalam dunia fashion, ada beberapa jenis style yang bisa dikenali. Mau tahu apa saja? Yuk, ketahui macam-macam style fashion berikut ini. Let’s check this out!

Casual Style

Style fashion yang pertama adalah gaya kasual. Gaya satu ini dikenal sebagai style yang sederhana dan nyaman dipakai. Pakaian kasual memberikan kesan yang santai dan stylish. 

Bagi pengguna hijab, gaya kasual kerap menjadi andalan bila ingin tampil tanpa terlihat terlalu formal. Gaya hijab casual sangat cocok dipasangkan dengan celana, kaos, kemeja, dan rok apa saja, seperti rok plisket atau lipit.

Casual style pada dasarnya sangat cocok pergi ke kantor, ke kampus, jalan-jalan, atau berbelanja.

Sporty Look

Gaya sporty menekankan kenyamanan dan kesan aktif dengan mengadopsi pakaian yang biasanya digunakan untuk olahraga seperti jaket olahraga, legging, kaos berlengan panjang, dan sepatu sneakers. 

Sedang mencari sportswear yang nyaman dipakai? Kamu bisa menemukan koleksi sport series dari Heylocal di sini, ya!

Chic Style

Gaya fashion selanjutnya adalah chic style. Gaya yang satu ini memiliki ciri khas elegan, modis, dan rapi. Chic style seringkali mengutamakan potongan pakaian yang bersih dan sederhana, dengan penekanan pada warna-warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu. 

Selain itu, style fashion yang satu ini nggak membutuhkan gaya yang menonjol atau mengikuti tren yang sedang berlaku di masyarakat. Sehingga chic style cocok digunakan di berbagai situasi, baik formal atau semi-formal.

Formal Style

Formal style

Tampilan formal dibutuhkan saat seseorang perlu menghadiri acara resmi, bekerja, atau pertemuan bisnis. Formal style akan memberikan kesan profesional dan serius yang sesuai untuk acara-acara resmi. Namun demikian, tampilan formal nggak harus selalu terlihat kaku, lho.

Pakaian formal seperti blazer, kemeja berkerah, dan dress formal merupakan pilihan yang tepat untuk menciptakan tampilan yang elegan sekaligus modis. Kuncinya adalah terlihat rapi dan sopan.

Edgy Style

Jika LocalLady tipe orang yang nggak suka dengan aturan yang ketat, maka gaya edgy cocok dipilih. Gaya satu ini identik dengan kesan berani, eksperimental, dan rebellious

Edgy look kerap kali menggabungkan elemen-elemen seperti pakaian berpotongan unik, warna-warna kontras, serta aksesori yang mencolok. Atau bisa juga dengan outfit serba hitam, lho.

Baca Juga: Rekomendasi Outfit untuk Lebaran yang Kekinian dan Modis

Preppy Look

Fashion style selanjutnya adalah gaya preppy. Gaya fashion ini terinspirasi oleh gaya berpakaian yang sering dikenakan siswa di Amerika pada era 60 – 80-an. Ciri khas preppy style adalah pakaian yang rapi, formal, dan terkesan sopan.

Gaya preppy memberikan kesan yang elegan dan klasik. Ini karena konsep dari fashion style ini adalah gaya pakaian yang dikenakan secara bertumpuk. Adapun beberapa fashion item yang wajib dimiliki untuk mendapatkan look ini seperti vest, blazer, kemeja, dan sweater. 

Nah, untuk tampilan yang lebih menarik, bisa juga menambahkan aksesori seperti kacamata, headband, dan baret. Wah, patut dicoba nih gaya yang satu ini!

Street Style

Street style

Fashion streetwear adalah gaya berpakaian yang mengutamakan kenyamanan saat beraktivitas di luar ruangan. Gaya berpakaian ini mulai populer pada tahun 1980-an dan 1990-an dengan pengaruh budaya skateboard dan hip-hop.

Adapun ciri khas dari streetwear adalah penggunaan pakaian seperti kaos, jaket, celana jeans, hoodie, kemeja oversize, sweatshirt, dan sepatu sneakers. 

Smart Casual

Ingin tampil rapi, tapi masih terlihat kasual? Gaya smart kasual bisa jadi pilihan tepat. Gaya ini gak lebih formal, tapi juga nggak lebih santai. Menggunakan pakaian santai dan formal, sehingga bisa dipakai saat datang ke kantor.

Temukan berbagai koleksi atasan yang cocok untuk pergi ke kantor di sini, ya!

Vintage Style

Style fashion yang berikutnya adalah gaya vintage. Pasti kamu sudah nggak asing dengan vintage style. Ya, gaya vintage mengacu pada pakaian dan aksesori dari masa lalu. Meskipun terlihat jadul, namun style yang satu ini menjadi tren kembali dan digemari oleh khalayak banyak, terutama wanita.

Pasalnya, banyak yang menilai bahwa gaya vintage mempunyai daya tarik tersendiri karena menghadirkan nuansa nostalgia dan keunikan. 

Bila LocalLady ingin mencoba style satu ini, dress dengan motif floral dapat kamu jadikan pilihan untuk tampil vintage dan feminin.

Nggak cuma dress, sweater dan cardigan rajut juga bisa jadi pilihan jika ingin terlihat lebih vintage.

Baca Juga: Gaya Hijab Kekinian yang Cocok untuk Lebaran

Bohemian Style

Gaya bohemian berasal dari tahun 60-an dan 70-an yang terinspirasi dari kaum hippie dan gipsy. Bohemian style identik dengan orang-orang yang berjiwa bebas. Potongan pada pakaian bohemian juga cenderung lebih lebar dan longgar. 

Selain itu, ciri khas dari gaya bohemian adalah memiliki motif pakaian yang sangat eksotis dan bisa juga warna retro. Kamu juga bisa menambahkan aksesori besar seperti headpiece, brooch, dan pernak-pernik yang unik dan menarik.

Grunge Style

Gaya grunge identik dengan kesan santai, sederhana, sedikit acak-acakan, dan penuh dengan elemen yang nggak terlalu dipoles. Style yang satu ini muncul pada awal tahun 1990-an dan dipengaruhi oleh musik grunge yang berasal dari Seattle. Pakaian grunge sering melibatkan item-item seperti outfit dengan warna gelap dan sepatu boots.

Grunge style biasanya memadukan kemeja flanel dengan ripped jeans atau kaos panjang double layer.

Setelah mengetahui macam-macam fashion style, selanjutnya ada beberapa tips untuk menemukan gaya fashion yang cocok dengan kepribadian LocalLady. Simak yuk!

  • Usahakan untuk tetap menjadi diri sendiri dan ciptakan gaya berpakaian yang khas. Jangan sampai memaksakan diri hanya demi sebuah tren.
  • Cari inspirasi melalui majalah fashion, blog-blog yang membahas soal fashion, dan media sosial. 
  • Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru atau membentuk fashion signature dirimu. Jangan terkecoh dengan komentar orang yang buruk.
  • Untuk membuat personality kamu jadi tampak lebih kuat, pilih fashion item, aksesori, dan warna yang bisa mengekspresikan dirimu. 

Nah, itulah macam-macam gaya fashion yang dapat LocalLady eksplorasi dan sesuaikan dengan kepribadian, kebutuhan, dan selera pribadimu. Mana nih style fashion favorit LocalLady?

Ingin memiliki outfit yang sesuai dengan gaya kamu? Kunjungi website online Heylocal.id, ya! Well, tunggu apa lagi? Grab it fast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *