Seserahan pernikahan

Inspirasi Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita, Catat!

Seserahan pernikahan sudah menjadi bentuk tradisi pernikahan di Indonesia yang didalamnya terdapat kumpulan barang-barang yang akan diberikan oleh pihak pria kepada pihak wanita.

Seserahan juga jadi salah satu bukti komitmen dan tanda cinta pasangan dalam menjalin hubungan pernikahan. Barang-barang seserahan pernikahan juga dapat disesuaikan dengan kemampuan dan adat istiadat dari kedua calon pengantin.

Biasanya, seserahan pernikahan berupa perhiasan, perlengkapan alat salat, hingga barang-barang kebutuhan sehari-hari yang bisa dipakai oleh kedua calon pengantin setelah menikah nanti.

Oleh sebab itu, penting untuk memilih barang-barang yang memang akan digunakan dalam kehidupan pasca menikah nanti. Namun perlu diingat, seserahan pernikahan tidak boleh memberatkan pihak pria.

Masih bingung barang-barang apa saja untuk seserahan nikah nanti? Berikut MinLy berikan inspirasinya. Let’s check this out!

Daftar Barang untuk Seserahan Nikah

Isi hantaran pernikahan memang cukup beragam. Namun, umumnya ada beberapa barang yang kerap menjadi pilihan para mempelai wanita. Apa saja? Yuk cari tahu di bawah ini!

Perlengkapan salat

Isi seserahan pernikahan

Perlengkapan alat salat atau prayer set menjadi hal pertama yang biasanya harus selalu ada dalam isi seserahan. Isi hantaran nikah ini seperti mukena, sajadah, tasbih, dan Al-Quran. 

Adapun mukena yang biasa dijadikan seserahan adalah mukena putih polos dengan desain yang simpel namun dihiasi aksen manis seperti laces atau bordir. Namun, nggak harus warna putih, bisa juga disesuaikan dengan keinginan calon pengantin. 

Seperti diketahui, saat ini sudah ada beragam motif dan warna mukena yang cantik. Perhatikan juga bahan yang digunakan pada mukena, pastikan bahannya adem dan nyaman dipakai.

Perlengkapan ibadah ini dimaksudkan agar kedua mempelai selalu ingat Allah SWT dan melaksanakan ibadah salat.

Sedang mencari prayer set untuk hantaran pernikahan? Kamu bisa cek koleksi mukena dari Heylocal, yuk klik di sini!

Koleksi heels atau flat shoes

Heels untuk seserahan

Selain perlengkapan salat, isi hantaran nikah selanjutnya adalah sepatu heels atau flat shoes. Untuk pilihan sepatu, bisa disesuaikan dengan selera kamu. 

Bagi yang ingin tampilan feminin, bisa memilih high heels dengan desain yang mewah dan cantik dengan aksen manik-manik. Sementara bagi yang kurang nyaman mengenakan heels tinggi, bisa memilih jenis mid low heels seperti kitten heels yang memiliki tinggi sekitar 3-5cm.

Namun, bagi yang tidak suka memakai heels, bisa memilih flat shoes dengan model dan desain elegan sebagai alternatif. Selain nyaman dipakai, sepatu flat juga cocok digunakan sehari-hari.

Heylocal menawarkan berbagai jenis sepatu dengan model dan warna menarik, mulai dari heels, flat shoes, hingga sandal. Klik di sini untuk melihat koleksinya, ya!

Koleksi perhiasan

Perhiasan menjadi salah satu isi seserahan pernikahan yang selalu ada. Biasanya perhiasan yang dipilih berupa cincin, gelang, atau kalung. Sementara untuk jenis perhiasan yang dipilih, bisa berupa emas atau berlian, sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga: Rekomendasi Outfit Monokrom Wanita, Bukan Cuma Hitam Putih

Koleksi tas

Tas wanita

Penampilan rasanya belum lengkap tanpa kehadiran tas untuk pelengkap penampilan. Untuk jenis tasnya sendiri bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Kini, sudah ada banyak model dan jenis tas wanita yang bisa jadi pilihan isi seseharan nikah.

Tas pesta seperti clutch bag dan hand bag menjadi model tas yang kerap dipilih sebagai hantaran nikah. Namun, jika kamu ingin jenis tas yang bisa dikenakan untuk kerja dan sehari-hari, bisa memilih tote bag atau shoulder bag

Tas untuk seserahan pernikahan tersebut bisa diletakkan di dalam kotak yang sama dengan alas kaki, namun bisa juga dipisah.

Eksplor koleksi tas dari Heylocal, mulai dari hand bag, tote bag, shoulder bag, backpack, pouch, bucket bag, hingga wallet. Klik di sini untuk melihat berbagai koleksinya, ya!

Produk skincare dan kosmetik

Seserahan skincare dan kosmetik jadi salah satu daftar barang seserahan yang wajib ada. Pastikan memilih produk yang biasa dikenakan oleh calon pengantin wanita. 

Lantas, apa saja koleksi perawatan wajah atau skincare dan kosmetik? Untuk produk skincare, bisa memilih pelembab wajah atau moisturizer, serum, toner, face wash, essence, hingga sun screen. 

Sementara untuk koleksi kosmetik, bisa memasukkan lip cream, eye shadow, eye liner, mascara, bedak, pensil alis, blush on, concealer, foundation, dan lainnya. Boleh juga menambahkan alat makeup seperti satu set kuas makeup. Pastikan produknya memang cocok dan akan dipakai, ya!

Baca Juga: Ini Daftar Warna Jilbab yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Baju tidur

Hantaran pernikahan

Alternatif isi hantaran pernikahan lain yang nggak kalah menarik adalah baju tidur. Adapun model baju tidur wanita yang dapat jadi pilihan seperti satu set piyama, lingerie set, hingga kimono. Bisa juga memilih home dress sebagai pilihan.

Perhatikan juga material yang digunakan, pilih yang bahannya adem, lembut, dan pastinya nyaman dipakai.

Satu Set Pakaian

Paket seserahan pernikahan

Dalam pernikahan, calon suami harus bersedia menafkahi calon istri secara sandang, pangan, dan papan. Hal itulah yang menjadikan pakaian sebagai isi seserahan yang diberikan pihak pria kepada mempelai wanita. 

Untuk setelah pakaian biasanya berupa long dress, kemeja, blouse, tunic, dan gamis. Hantaran ini biasanya disempurnakan dengan koleksi hijab yang cantik.

Kamu nggak perlu khawatir dan bingung lagi karena Heylocal menawarkan berbagai jenis dan model pakaian wanita yang bisa dijadikan sebagai isi hantaran. Yuk bisa klik di sini untuk melihat koleksinya, ya!

Produk perawatan tubuh

Seserahan pernikahan yang simple

Bukan hanya skincare dan kosmetik saja, produk perawatan tubuh  juga sering jadi pilihan untuk seserahan nikah, lho. Untuk produk perawatan mandi, biasanya produk yang dipilih adalah shampoo, sabun mandi, pasta gigi, conditioner, hair mask,  lulur, body scrub hingga hair mist. 

Bisa juga menambahkan beberapa perlengkapan mandi seperti handuk, shower cap, dan shower scrub.

Tidak hanya soal produk-produk untuk mandi saja, produk perawatan tubuh lain seperti parfum, body mist, body lotion, hingga body butter juga bisa menjadi opsi untuk isi hantaran pernikahan.

Peralatan Rumah Tangga

Inspirasi isi hantaran nikah berikutnya adalah peralatan rumah tangga. Barang-barang ini sangat berguna untuk kehidupan setelah menikah. Misalnya peralatan masak, seprei, selimut, dan lain-lain. Nantinya, semua peralatan ini pasti akan digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Pakaian dalam

Terakhir yang tak kalah penting untuk dimasukkan ke dalam seserahan adalah pakaian dalam. Untuk pakaian dalamnya berupa koleksi bra, celana dalam, hingga basic tank top. Pastikan untuk memilih desain dan bahan pakaian dalam yang nyaman.

Nah, itulah beberapa isi seserahan pernikahan yang umum dimasukkan. Jadi, sudah tahu akan mengisi seserahan pernikahan dengan apa saja?

Temukan koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti tas, kerudung, sepatu, mukena dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *