Perbedaan tunic dan blouse

Ini Perbedaan Tunic dan Blouse yang Sering Dianggap Sama

Kamu masih suka bingung dengan perbedaan tunic dan blouse? Yaps, keduanya memang sering dianggap sama, tapi nyatanya tunik dan blouse dua hal yang berbeda, lho. Lantas, apakah perbedaan tunic dan blouse?

Atasan Tunic Wanita

Meski sama-sama panjang, namun ada beberapa perbedaan tertentu yang membuat keduanya serupa tapi tak sama. Mau tahu apa saja perbedaan antara tunik dan blus? Yuk, buruan simak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Blouse dan Tunic

Pada masa-masa awal, blouse dikenakan oleh pekerja, petani, seniman, perempuan atau anak-anak. Hingga tahun 1890, pakaian ini dianggap ketinggalan jaman. Blouse pun jarang menjadi bagian dari lemari pakaian wanita dan pada dasarnya dianggap informal.

Namun setelah tahun 1890-an, blus menjadi bagian dari pakaian wanita pekerja biasa sebagai pakaian informal yang praktis. Bahkan menjadi pakaian pokok bagi sebagian orang. 

Adapun standar dress code bagi wanita yang bekerja di kantor adalah rok polos dengan blouse sederhana. 

Nyaman dan mudah dipakai, memungkinkan seorang wanita menciptakan pakaian berbeda dengan memadukan berbagai warna dan gaya. 

Tak lama setelah tahun 1920-an terjadi perubahan signifikan dalam mode. Era Art Deco mempengaruhi segalanya mulai dari desain interior hingga pakaian. Gaya blus pun berubah dari polos menjadi sangat berwarna, menggabungkan berbagai pola geometris dan desain dengan sulaman. 

Sementara tunik, dalam sejarahnya, mulai digunakan oleh bangsa Romawi sebagai pakaian pria 3 tahun sebelum Masehi. Pakaian ini biasanya digunakan untuk acara formal. 

Rupanya, pada masa itu panjang tunik menunjukkan status sosial seseorang, lho. Dimana prajurit dan pekerja biasanya mengenakan pakaian ini dengan panjang selutut. 

Sedangkan, untuk laki-laki dewasa, para bangsawan, dan hakim menggunakan busana ini dengan panjang sampai di pergelangan kaki. Dan untuk rakyat biasa juga mengenakan pakaian tunik dengan bahan dari kain wol yang berwarna putih.

Tidak sampai situ, pada masa itu ada juga peraturan tentang busana tunic warna ungu yang hanya boleh digunakan oleh kaisar, lho

Perbedaan Tunic dan Blus

Blouse

Blus berasal dari bahasa Perancis untuk menunjukkan sebuah pakaian yang mirip dengan kemeja. Blouse merupakan jenis pakaian atas wanita yang memiliki siluet longga dan kebanyakan berlengan panjang, tapi ada juga yang berlengan 3/4.

Penggunaan blouse juga cenderung lebih santai, berbeda dengan koleksi kemeja yang lekat akan gaya pakaian formal.

Perbedaan signifikan yang bisa terlihat adalah panjang blus yang hanya sebatas paha atau pinggul saja. Tak hanya itu, desain bagian kerah hingga lengan blouse pun sangat bervariasi. Mulai dari lengan bentuk balon hingga terompet.

Ada juga kerah blus yang dihiasi dengan kancing atau bordiran yang membuatnya semakin cantik. Oleh karena itu, jika blus dibandingkan dengan tunik tentu berbeda.

Tunic

Tunik sendiri berasal dari bahasa Latin, yakni tunica. Berbeda dengan blouse yang hanya sebatas paha atau pinggul, tunik biasanya didesain secara simpel dengan panjang ke bawah mulai dari pinggul hingga betis. Baju tunik saat ini memiliki beragam bentuk, desain, dan aksen. Tunik bisa berlengan atau tanpa lengan. 

Kini, tunic tidak hanya digunakan sebagai atasan saja, tapi juga bisa dipakai menjadi outer yang membuat mix & match semakin mudah. Pasalnya, tunik hadir dalam berbagai motif dan warna yang menarik.

Baik tunic dan blouse bisa menjadi andalan untuk pergi ke kantor, acara resmi, hingga jalan-jalan.

Yuk, temukan semua koleksi tunik dan blouse di website Heylocal.id

Ide Mix & Match

Padu padan tunik dan blouse pun menjadi opsi yang tepat untuk dikenakan dalam kegiatan sehari-hari. Untuk perempuan berhijab, keduanya bisa kamu kombinasikan dengan berbagai jenis bawahan agar semakin stylish.

Baca juga: 5 Bahan Sportwear yang Menyerap Keringat

Padukan dengan Rok

Ketika kamu kehabisan ide untuk bergaya, cobalah untuk memadukannya dengan rok simpel. Koleksi rok panjang simpel paling pas untuk tampilan feminim.

Sementara untuk tampilan modern, pilih model atasan bergaris dengan siluet asimetris. Agar semakin sempurna kamu bisa mencocokan dengan hijab polos, alas kaki mid-low heels, dan hand bag.

Padukan dengan Kain Batik

Mix & match tunik sebagai atasan dengan kain batik untuk bawahan sangat cocok untuk outfit kondangan. Atasan berwarna hitam juga terkesan elegan. Padankan juga kain batik dengan model yang memiliki detail lipat atau tumpuk. 

Padukan dengan Celana

Selain rok, kamu juga bisa menyelaraskan dengan celana. Bila kamu ingin tampil modis, padankan tunic dan blus dengan celana krem senada dan sempurnakan tampilan menggunakan kacamata hitam. 

Sementara celana putih akan memberikan tampilan clean look yang membuatmu semakin memukau. 

Jika ingin kesan chic, kamu bisa memilih celana bahan kulot berwarna nude. Jangan lupa kenakan kacamata sebagai aksesoris untuk menunjang penampilanmu.

Nah, tunggu apa lagi? Temukan koleksi tunic dan blouse by Heylocal.id. Buruan check out sekarang, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *