Gaya fashion minimalist

Gini Cara Menerapkan Minimalist Fashion untuk Pemula, Simpel!

Pernah mendengar tren minimalist fashion, LocalLady? Fashion minimalis atau minimalist fashion berasal dari dua kata yaitu “fashion” dan “minimalist”. Fashion merupakan sebuah ekspresi estetika yang populer pada masa, waktu, tempat, dan dalam konteks tertentu, terutama pada pakaian, gaya hidup, dan lainnya.

Sedangkan minimalist adalah sesuatu yang berkenaan dengan penggunaan unsur sederhana. Dari dua kata tersebut dapat diartikan sebagai sebuah ekspresi estetika pakaian, gaya hidup, aksesori, dan alas kaki dengan penggunaan unsur-unsur sederhana dan terbatas untuk hasil yang maksimal.

Dapat dikatakan juga gaya fashion ini hampir mirip dengan gaya dekorasi minimalis, yang mana kamu akan menemukan lebih banyak warna putih dengan ditambah sentuhan warna netral seperti abu-abu. 

Inspirasi fashion minimalist

Fashion minimalist berarti cara tampil seseorang yang sederhana, di mana menggunakan barang bersifat essentials. Sehingga membuat lemari hanya berisi pakaian-pakaian yang rutin dipakai sehari-hari.

Minimalist looks mengutamakan kenyamanan, gaya simpel, serta warna nggak mencolok misalnya putih, hitam atau earth tone.

Lantas bagaimana cara menerapkan minimalist fashion untuk pemula? Yuk, langsung saja simak tipsnya berikut ini.

Perhatikan Bahan

Sama seperti ketika membeli outfit lainnya, penting untuk memerhatikan bahan pakaian. Fashion minimalis lebih mengutamakan unsur kenyamanan, maka sebaiknya pilihlah bahan pakaian linen atau katun. Keduanya sama-sama cepat menyerap keringat dan adem ketika dipakai.

Minimalis approach

Di tahap ini LocalLady harus membongkar lemari untuk melihat kembali warna dan jumlah pakaian yang ada di lemari. 

Setelah itu, kamu perlu memilah mana pakaian yang benar-benar disukai dan pasti akan digunakan. Dengan menerapkan gaya fashion minimalis, kamu harus mulai yakin bahwa apapun pakaian yang dipakai akan selalu nyaman dan membuatmu merasa senang. 

Pada akhirnya, kamu tetap bisa tampil percaya diri dan elegan tanpa membuang banyak waktu untuk memilih outfit.

Declutter

Setelah mantap untuk menerapkan gaya minimalis, LocalLady bisa mulai memilah baju menggunakan konsep decluttering. Mulailah dengan mengeluarkan seluruh isi lemari pakaianmu. 

Lalu, cobalah mengelompokkannya ke dalam empat kategori, yaitu:

  • Love pile: Sesuai namanya, love pile adalah outfit favorit. Di mana kamu begitu menyukai item tersebut dan kedepannya akan selalu dipakai.
  • No pile: Kebalikan dari love pile, no pile diperuntukkan pada pakaian yang saat melihatnya kamu langsung ingin mencampakkannya. Biasanya jenis pakaian yang sebelumnya memang nggak pernah dikeluarkan dari lemari dan kamu pun enggan menggunakannya. Pakaian ini nantinya bisa kamu sumbangkan, didaur ulang, ataupun dijual.
  • Maybe pile: Tumpukan ini bisa diisi pakaian yang dulu sangat disukai tapi sekarang sudah nggak terlalu tertarik lagi untuk memakainya. Entah karena sudah rusak atau mengingatkan kamu pada momen tertentu.
  • Seasonal pile: Seperti namanya, ini merupakan kelompok pakaian yang akan dibutuhkan pada musim tertentu seperti musim panas atau dingin, serta acara-acara tertentu.

Tentukan Gaya

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menentukan gaya fashion. Carilah gaya yang paling menggambarkan seperti apa dirimu. Kamu dapat dengan mudah mencari inspirasi berbagai gaya dari media sosial seperti Instagram, TikTok, ataupun Youtube.

Jika sudah menentukan gaya yang akan kamu coba, lihat kembali pakaian, model, aksesori, dan tone warna yang akan dipakai. Hal ini agar nantinya kamu bisa mix and match dengan fashion item yang dimiliki. 

Baca Juga: Rekomendasi Hijab Voal yang Stylish

Inspirasi Gaya Fashion Minimalis

Nyatanya tampil stylish dan elegan nggak harus menggunakan busana dan aksesori yang ‘wah’ dan glamour. Outfit basic juga bisa membuat tampilan jadi lebih menarik dan tetap on point, lho

Pakaian dengan gaya minimalis biasanya mempunyai potongan yang sederhana dan polos, sehingga mudah dipadupadankan dengan pakaian lainnya. Minimalist looks juga mencerminkan kepribadian seseorang yang sederhana, modern, dan elegan.

Berikut inspirasi outfit minimalis untuk sehari-hari yang bisa LocalLady tiru. Let’s check this out!

1. Sweater dan Celana Jogger

Sweater dan celana jogger merupakan perpaduan yang tepat untuk gaya minimalis. Pilihlah sweater dengan potongan yang pas di tubuh, dan pasangkan dengan celana jogger berwarna netral. Kombinasi ini sempurna untuk tampilan kasual yang nyaman.

LocalLady bisa cek koleksi sweater dari Heylocal di sini, ya!

2. Kemeja dan Rok Lipit

Untuk mendapatkan gaya minimalis ala orang Jepang, kombinasi kemeja dan rok lipit bisa kamu coba. Pilihlah kemeja dengan warna krem dan padukan dengan rok lipit atau plisket berwarna lebih gelap dari atasan. 

Padanan kemeja krem atau nude dan rok lipit warna olive atau cokelat tua dapat memberikan tampilan chic dan anggun.

3. Blazer dan Celana Jeans

Inspirasi selanjutnya bisa jadi pilihan tepat untuk tampilan semi-formal. Kombinasi keduanya cocok bagi kamu yang ingin tampil stylish dan simpel. Pilihan blazer dengan potongan yang pas dan pasangkan dengan celana jeans berwarna netral. 

Selain celana jeans, kamu juga bisa padukan blazer dengan rok jeans agar gaya minimalis LocalLady terlihat nggak membosankan. Untuk melengkapi penampilan, pilih sepatu kets atau boots. 

Sedang mencari blazer? Yuk, cek koleksi blazer dari Heylocal di sini.

4. Kemeja dan Celana Chino

Gaya minimalis yang mudah untuk disontek adalah memadukan kemeja dan celana chino. Kombinasi keduanya menjadi pilihan tepat untuk tampilan kasual yang rapi. Kamu juga bisa menambahkan aksesori seperti dasi atau ikat pinggang untuk melengkapi penampilanmu.

Baca Juga: Fashion Item Wajib untuk Ngantor ala Mbak-mbak SCBD

5. Blus dan Wide Leg Pants

Jika punya blus polos atau motif, maka kamu bisa memadukannya dengan wide leg pants warna putih. Apalagi jika celana tersebut berpotongan tinggi, penampilan jadi makin elegan.  So simple dan stylish!

6. Gaya Monokrom dan Kemeja Denim

Memadukan atasan dan bawahan berwarna monokrom atau hitam putih merupakan pilihan tepat dan praktis. Terlebih, bila kamu menyukai warna-warna netral. 

Supaya nggak monoton, kamu bisa menambahkan kemeja denim sebagai outer. Dengan begitu, penampilan kamu jadi lebih stand out.

7. Cardigan dan Jeans

Ingin tampilan yang kasual dan nyaman? Menggunakan cardigan bisa jadi pilihan. Kombinasi cardigan dengan blue jeans bisa jadi inspirasi bagi LocalLady yang ingin tampil santai tapi tetap stylish.

Selain dipadukan dengan jeans, kamu juga bisa pasangkan dengan bawahan celana kulot putih, hitam, beige, dan warna netral lainnya. 

8. Tunik dan Celana Putih

Buat LocalLady yang berhijab dan ingin tampil minimalis, kamu bisa memakai tunik dengan warna yang soft dan dipadukan dengan celana berwarna putih. 

Nggak lupa pilih hijab polos berwarna netral seperti abu-abu, putih, atau krem agar kesan minimalis tetap terlihat. Untuk alas kaki, kamu bisa menggunakan flat shoes ataupun mules shoes untuk focal point yang lebih menarik.

Itulah beberapa tips dan inspirasi gaya fashion minimalist menggunakan outfit basic. Meski menggunakan outfit basic, tampilanmu tetap on point dan stylish.

Yuk, temukan berbagai koleksi atasan dan bawahan lainnya di website Heylocal.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *