Tas kulit sintetis menjadi salah satu jenis tas yang menjadi primadona tersendiri di dunia fashion. Elegansi pemakaian tas kulit sintetis membuat banyak wanita berlomba-lomba untuk mengoleksinya.

Selain cantik dan terlihat elegan saat dipakai, tas kulit sintetis atau vegan leather dinilai lebih ramah lingkungan dan animal friendly dibandingkan tas dari kulit asli. Karena itulah, jenis tas wanita ini semakin banyak digandrungi.

Namun sayangnya, tas yang terbuat dari vegan leather ini dapat mengelupas bila tidak dirawat dan disimpan dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa LocalLady lakukan. Mau tahu apa saja? Simak artikel di bawah ini.

Cara Merawat Tas Kulit Sintetis yang Tepat

Tas kulit sintetis sebaiknya jangan terlalu sering dibersihkan, ya. Selain itu, menggosoknya secara berlebihan juga bisa membuat permukaan tas mudah pecah-pecah bahkan mengelupas.

Merawat jenis tas ini memang terbilang gampang-gampang susah. Salah merawatnya bisa berakibat kulit tas jadi pudar, retak, mengelupas, hingga berjamur. Lantas, seperti apa cara merawat dan menyimpan tas yang tepat? Let’s take a look!

1. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung

Cara menyimpan tas

Tas memang berfungsi untuk membawa berbagai barang saat berpergian. Namun, sebisa mungkin jauhkan tas kulit sintetis dari paparan cahaya matahari langsung, terlebih dalam waktu yang lama.

Pasalnya, paparan sinar matahari langsung bukan hanya bikin tas kulit sintetis jadi rusak saja, tapi juga membuat warnanya cepat memudar. Selain itu, paparan suhu yang terlalu panas bisa membuat material poliuretan menjadi oksidasi dan bau.

Supaya tas berbahan vegan leather tetap awet dan nggak mengelupas, sebaiknya gunakan tas hanya untuk acara indoor atau malam hari saja. Masukkan tas ke dalam dustbag ketika saat berada di area outdoor. Hal ini karena dustbag dirancang khusus untuk melindungi dan mempertahankan kualitas bahan kulit.

2. Jaga tas supaya tetap kering

Sling bag

Cara selanjutnya yang bisa LocalLady lakukan agar tas tetap awet adalah menyimpannya di tempat kering. Pasalnya, menyimpannya di tempat lembap atau ruangan yang sirkulasi udaranya kurang bagus bisa mengakibatkan jamur tumbuh sempurna di bagian kulit tas.

Sebab itu, kamu perlu menjauhi lingkungan lembap, terutama pada bagian dalam tas. Simpanlah tas vegan leather ke dalam lemari dengan sirkulasi yang baik.

Tambahkan juga silica gel untuk mereduksi kelembapan. Perlu diingat kalau silica gel hanya berlaku selama 2-4 minggu saja, sehingga perlu diganti secara berkala.

Kamu juga bisa menyimpan tas tersebut dengan cara dibungkus koran terlebih dahulu sebelum disimpan ke dalam lemari. Selain memiliki daya serap kelembapan yang lebih baik, koran juga dapat membuat warna tas vegan leather lebih awet dan gak gampang memudar.

3. Bersihkan tas dengan tepat

Tote bag

Tas berbahan vegan leather sebaiknya nggak dibersihkan terlalu sering. Kamu bisa membersihkannya setidaknya satu kali seminggu bila tas sering digunakan atau satu kali sebulan jika tas jarang digunakan.

Cara mencuci tas kulit sintetis juga nggak boleh sembarangan lho, karena materialnya yang sensitif. Untuk mencucinya pun hanya dengan menggunakan kain microfiber lembut yang telah diberikan sedikit air. Kemudian usap kulit tas secara perlahan hingga debu dan kotoran terangkat.

Apabila noda yang menempel sulit dibersihkan atau diangkat, campurkan air dengan sabun khusus yang lembut atau baby soap terlebih dahulu sebelum menuangkannya pada kain microfiber. Hindari penggunaan tisu basah beralkohol untuk membersihkan tas. Ini karena alkohol dapat membuat kulit tas jadi kering, pecah, dan mengelupas.

Baca juga: 8 Bahan Tas Wanita yang Bagus dan Kuat, Mana yang Terbaik?

4. Jangan ditumpuk atau digantung

Tas kulit sintetis

Alih-alih menyimpan tas dengan cara ditumpuk atau digantung, simpanlah tas kulit sintetis dengan cara didirikan dengan tegak dan disusun rapi di dalam lemari atau rak khusus. Menyimpannya dengan cara ditumpuk bisa mengubah bentuk asli tas sintetis.

Sedangkan menggantung tas dapat membuat bagian tali atau pegangan tas jadi mudah meregang dan terkelupas. Kamu juga bisa menyimpan tas secara terpisah.

Pisahkan beberapa tas berbahan vegan leather ini dengan membungkusnya menggunakan koran atau dustbag agar lebih awet. Bila ingin membungkusnya, pastikan terdapat sirkulasi udara yang cukup dan bungkusannya nggak terlalu erat.

Jadi, mulai sekarang jangan menyimpan tas dengan cara ditumpuk dan digantung lagi ya! Temukan semua koleksi tas wanita berbagai model dari Heylocal di sini.

5. Jauhkah dari parfum dan cairan lain

LocalLady suka menyimpan parfum yang mengandung alkohol di dalam tas? Parfum yang mengandung alkohol bisa membuat warna tas kulit berbahan sintetis jadi lebih cepat memudar, lho.

Bukan hanya itu saja, tekstur tas pun akan berubah menjadi lebih kasar dan retak bila terlalu sering terpapar cairan beralkohol. Selain parfum, jauhkan tas dari cairan yang tinggi akan kandungan zat kimia seperti hand sanitizer, face spray, hingga body lotion.

Selain itu, minyak campuran dapat memicu timbulnya jamur pada kulit tas. Apabila tas terkena cairan-cairan tersebut, segera bersihkan dengan sedikit air dan keringkan menggunakan tisu.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tas Wanita Warna Hitam, Tampilan Makin Classy!

6. Jangan terlalu sering dipakai

Tas heylocal

Siapa nih yang ketika menyukai satu tas akan dipakai terus-menerus? Ternyata hal itu justru bisa membuat tas kulit sintetis jadi rentan mengelupas dan rusak, lho.

Meski kulit sintetis memiliki ketahanan yang baik, namun sebaiknya hindari memakainya terlalu sering. Sama halnya seperti manusia, tas sintetis juga membutuhkan waktu untuk istirahat.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa memakai tas kulit dengan membuat jadwal pemakaian tas secara bergantian. Terlebih jika digunakan untuk membawa beban berat seperti laptop. Kamu perlu memberi jeda pakai selama 2-3 hari.

Bila LocalLady tertarik dengan tas wanita di atas, kamu bisa menemukan koleksinya di sini!

7. Gunakan pelembap khusus

Cara merawat tas kulit sintetis agar gak mudah mengelupas yang terakhir adalah dengan menggunakan pelembap khusus secara rutin. Hal ini berguna untuk menjaga tekstur dan kelembapannya.

Bila kelembapan tas hilang, tas pun bisa menjadi kaku, berkerut, bahkan mengelupas sehingga dapat merusak penampilannya. Maka dari itu, kamu bisa memoles tas menggunakan pelembap khusus berbahan kulit agar tas nggak mudah rusak.

Nah, itu dia beberapa cara merawat tas kulit sintetis agar awet dan tidak mudah mengelupas. Dengan mengikuti berbagai tips di atas, tas vegan leather kesayanganmu bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Temukan juga koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal lainnya seperti tas, kerudung, flat shoes, mukena, pakaian olahraga, dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan, ya!

Baca Juga: 7 Inspirasi Layering Outfit yang Simple, Look Jadi Makin Kece!

Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *