Cara menentukan ukuran baju

Biar Gak Salah Pilih, Ini 8 Cara Menentukan Ukuran Baju Wanita

Memilih ukuran baju memang harus hati-hati, terlebih saat belanja online. Saat ini memang banyak orang yang lebih memilih belanja secara online karena lebih efisien waktu dan praktis. Namun, nggak jarang saat ingin membelinya takut nantinya akan kebesaran atau kekecilan, sehingga tak bisa dipakai. 

Kalau LocalLady nggak mau ada kejadian salah size ketika membeli baju, ada beberapa cara menentukan size baju yang tepat. Hal tersebut tentu sangat berguna saat berbelanja online. Lantas, bagaimana caranya? Yuk intip cara mengetahui ukuran baju berikut ini.

Menentukan Ukuran Baju yang Tepat

Supaya nggak salah dalam memilih baju, LocalLady perlu mengetahui cara menentukan ukuran baju yang tepat, terutama saat berbelanja online. Adapun berikut tips yang perlu diketahui. Simak baik-baik di bawah ini, ya!

1. Mengukur Bagian Payudara atau Bagian Dada

Menentukan ukuran baju

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengukur bagian payudara atau bagian dada untuk mendapatkan ukuran yang sesuai. Pastikan pita pengukur berada di bawah ketiak dan nggak terlalu kencang, ya.

Pasalnya, jika diukur terlalu kencang, LocalLady justru akan mendapatkan size baju yang keliru. Alhasil, baju yang dipilih nggak muat di badan karena terlalu sesak.

2. Mengukur Bagian Pinggang

Mengukur pinggang

Setelah mengukur bagian payudara atau dada, ukur bagian pinggang dengan menekuk salah satu sisi pita pengukur untuk menemukan lekukan alami pada bagian pinggang. 

Pada bagian lekukan tubuh, ukur lingkar pinggang dan pastikan pita pengukur agak longgar. Kamu dapat menemukan ukuran pinggang alami dengan mengukur sekitar 2 inch atau sekitar 4,5 cm di atas pusar. 

3. Mengukur Bagian Pinggul

Selanjutnya mengukur bagian pinggul. Kamu perlu berdiri dengan kaki rapat, lalu ukur lingkar pinggul dan bokong yang paling menonjol. Ini biasanya ada di antara bagian selangkangan dan pusar.

Pastikan pula pita pengukur pada kondisi longgar. Dengan begitu, size baju pada bagian pinggul akan pas di badan dan nggak terlalu kecil dan sesak saat dikenakan.

Baca Juga: 10 Atasan yang Cocok untuk Rok Plisket, Stylish dan Trendy!

4. Perhatian Ukuran Baju

Size chart Rumi Blouse Heylocal

Masyarakat Indonesia telah mengenal ukuran baju berdasarkan kode huruf berupa S, M, L, XL, dan seterusnya. Kode huruf ini merupakan singkatan dari kata Bahasa Inggris. Berikut singkatan ukuran baju secara umum:

  • S = Small
  • M = Medium
  • L = Large
  • XL = Extra Large
  • XXL = Double Extra Large

Meski demikian, setiap brand pakaian biasanya memiliki detail size yang berbeda. Bahkan, satu brand ukuran baju L bisa berbeda, tergantung model baju yang dijual. Sebagai contoh, Heylocal yang memiliki toleransi size hingga 1 cm.

Memeriksa size chart baju yang dicantumkan situs website dapat membantu kamu menemukan ukuran baju yang pas. Karena itu, selain mengukur ukuran tubuh dengan tepat, kamu juga perlu memperhatikan detail size baju yang mau dibeli agar nantinya nggak kebesaran atau kekecilan.

5. Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan dan Tinggi Badan

Mengetahui Berat Badan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui berapa berat badan kamu. Coba timbang berat badanmu, namun hindari memakai baju yang berat seperti jeans saat menimbang berat badan. Jangan pula memakai alas kaki. Hal ini akan menambah angka berat badanmu. 

Selain itu, sebaiknya  kamu menimbang badan sebelum makan, sehingga kondisi perut beum terisi. Kemudian catat angka pada timbangan untuk nantinya akan dijadikan sebagai patokan saat memilih size pakaian.

Baca Juga: 6 Tips dan Cara Memilih Outer Wanita yang Tepat, Simak Yuk!

Mengetahui Tinggi Badan

Bukan hanya berat badan, kamu juga perlu mengukur tinggi badanmu. Karena, tinggi badan juga memengaruhi size pakaian ju yang nantinya akan dipakai, lho

Untuk mengukur tinggi badan juga nggak sulit dan bisa dilakukan di rumah. Kamu hanya perlu berdiri menempel tembok dengan tegap. 

Lalu tandai tinggimu dengan spidol pada tembok. Setelah itu, gunakan meteran atau penggaris untuk mengukur tinggi badanmu dari dasar hingga ke titik yang sudah ditandai tadi.

Jangan lupa untuk mencatat tinggi badanmu agar nantinya lebih mudah dijadikan sebagai patokan. Gimana gampang bukan?

6. Mempertimbangkan Model Baju

Model baju wanita

Sebelum membeli pakaian, kamu perlu mempertimbangkan model baju yang hendak dibeli. Biasanya, terdapat dua jenis baju yang sering dijual, yakni slim fit dan oversized.

Model baju slim fit didesain dengan ukuran yang lebih sempit atau mengikuti bentuk tubuh pemakainya. Baju slim fit juga punya pola yang lebih ketat di bagian badan dan lengan. Model baju ini pun mampu menonjolkan siluet tubuh sang pemakai.

Sedangkan model oversized justru sebaliknya, yang mana memiliki ukuran lebih besar dan saat dipakai terkesan kebesaran.

Bila ingin membeli baju oversized, pilihlah yang ukuran satu kali lebih besar dari yang biasa kamu pakai. Misalnya, jika kamu biasa menggunakan baju ukuran M, maka pilih ukuran L untuk mendapatkan kesan oversized.

Sedang mencari baju wanita dengan beragam model? LocalLady bisa cek semua koleksi baju atasan wanita dari Heylocal, mulai dari kemeja, blouse, tunic, hingga dress di sini!

7. Perhatikan Contoh Pakaian

Saat belanja baju secara online, kamu perlu memperhatikan baju yang digunakan oleh model pada foto produk. Dengan mengetahui berat badan dan tinggi model, kamu bisa mengira-ngira seperti apa ukurannya saat dipakai.

Bila ternyata postur tubuh model hampir sama denganmu, itu tentu bisa dijadikan referensi jika kurang begitu yakin dengan ukurannya. Dengan begitu, kamu nggak salah pilih ukuran lagi deh!

8. Hindari Membeli Baju yang Tidak Memiliki Ukuran

Ukuran baju

Umumnya, setiap pakaian memiliki keterangan ukuran agar memudahkan seseorang mengetahui mana baju yang pas untuk dirinya. Namun terkadang, ada juga yang tidak disertakan informasi ukuran.

Jika kamu menemukan produsen yang tidak mencantumkan ukuran pada baju yang dijualnya, sebaiknya perlu dihindari. Tetapi jika kamu memang mencari baju besar, ada baiknya memilih baju dengan ukuran all size.

Selain memilih ukuran dengan cermat, perhatikan juga material baju yang dijual secara spesifik. Pasalnya, beberapa bahan baju bisa menyusut setelah dicuci. Bila ternyata kamu membeli baju dengan bahan seperti itu, kamu bisa mempertimbangkan membeli ukuran pakaian satu tingkat dari yang biasa kamu pakai.

Nah, itu dia beberapa cara menentukan ukuran baju wanita yang tepat. Setelah mengetahui cara di atas, LocalLady jadi nggak salah memilih baju lagi deh! Semoga bermanfaat ya.

Temukan juga koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal lainnya seperti tas, kerudung, sepatu, mukena, pakaian olahraga, dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan!

Baca Juga: Tampil Lebih Segar, Ini 6 Ide Colorful Outfit Hijab yang Playful

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *