Mukena silk

Bukan Cuma Lembut, Ini 6 Kelebihan Mukena Silk

Mukena merupakan salah satu perlengkapan ibadah yang digunakan oleh wanita muslim. Agar ibadah salat semakin khusyuk, penting untuk memilih bahan mukena yang nyaman dan adem. Salah satunya bahan mukena silk.

Mukena silk terkenal dengan kainnya yang halus, mengilap, ringan, lembut, dan licin. Hal ini karena bahan satu ini terbuat dari campuran serat katun dan sutra. Penggunaan campuran bahan tersebut lah yang memberikan rasa kenyamanan yang istimewa.

Dengan kehalusan dan kilauan khas sutra, mukena bahan silk menghadirkan nuansa mewah dan elegan saat dipakai. Perkembangan perlengkapan salat ini tidak terlepas dari evolusi fashion dan kebutuhan umat muslimah untuk menggabungkan antara religius dengan style yang trendy.

Kelebihan Mukena Bahan Silk

Mukena silk

Bukan hanya halus, ada beberapa alasan lain yang membuat mukena dengan bahan silk cocok menjadi bahan dasar pembuatan perlengkapan salat wanita. Setiap elemennya, mulai dari bahan, warna, hingga desain memancarkan kesan tersendiri.

Yuk, intip kelebihan mukena silk dibandingkan dengan jenis lainnya. Check’em out!

1. Nyaman Digunakan

Pemilihan mukena yang tepat akan memastikan LocalLady salat dengan nyaman. Bahan silk sendiri memiliki karakteristik kain yang adem dan tekstur licin, kamu pun akan merasa nyaman dan nggak merasa gatal saat mukena ini menyentuh kulitmu langsung.

2. Ringan tapi Nggak Menerawang

Mukena silk begitu lembut dibanding jenis lainnya. Mukena bahan ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis lightweight fabric atau bahan kain yang sangat ringan dan mudah dibawa berpergian, tetapi nggak menerawang.

Hal tersebut karena kain silk diproses menjadi sangat rapat, sehingga dapat menutup aurat kamu dengan baik saat salat.

3. Daya Tahan dan Kualitas

Sutra adalah salah satu serat alami yang kuat, ini mukena dengan bahan silk nggak hanya indah tapi juga tahan lama. Dengan perawatan yang tepat, mukena silk dapat bertahan selama bertahun-tahun, lho.

Baca Juga: Jenis-jenis Kain Terbaik untuk Bahan Pakaian, Apa Saja Ya?

4. Nggak Gerah saat Digunakan

Permukaan luar mukena silk memang memiliki kilauan yang menciptakan nuansa kemewahan dan elegan, namun hal tersebut nggak membuat perlengkapan ibadah satu ini menjadi terasa panas saat digunakan. 

Mukena ini termasuk bahan kain yang terbilang sejuk, sehingga nggak akan membuatmu mudah berkeringat dan merasa tidak nyaman meski digunakan di ruangan outdoor.

5. Variasi Desain Menarik

Mukena bahan silk menawarkan beragam variasi desain, warna, dan motif yang menarik. Mulai dari motif sederhana seperti bunga, monogram, hingga yang cukup rumit. Begitu pula dengan pilihan warnanya, mulai dari warna gelap hingga earth tone.

Baca Juga: Rekomendasi Mukena Terbaru untuk Salat Ied, Adem dan Elegan!

6. Nggak Mudah Kusut

Kelebihan mukena silk selanjutnya adalah nggak mudah kusut atau lecek. Meskipun kamu membawa mukena ini dengan cara dilipat di dalam tas, mukena ini akan tetap rapi tanpa perlu disetrika.

Perawatan Mukena Silk

Meski terbuat dari kain sutra yang terkenal kuat dan tahan lama, mukena yang satu ini juga membutuhkan perawatan yang tepat supaya tetap awet.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips merawat mukena bahan silk agar tetap dalam kondisi terbaik.

Cuci dengan Tepat

Sebaiknya, hindari mencuci mukena berbahan silk dengan air hangat dan mesin cuci. Hal itu justru dapat menyebabkan seratnya menjadi rusak. 

Alih-alih mencuci dengan air hangat dan mesin cuci, LocalLady bisa mencucinya dengan air dingin. Gunakan juga deterjen yang ringan untuk sutra atau pakaian halus. Hindari menggunakan pemutih atau bahan kimia keras yang dapat merusak serat sutra.

Selain itu, kamu perlu menghindari merendam mukena dalam air terlalu lama. Kemudian bilas dengan lembut dan cepat untuk mencegah warna luntur atau kerusakan pada serat.

Keringkan dengan Benar

Setelah dicuci dengan tepat, tekan mukena dengan lembut menggunakan handuk untuk menghilangkan air berlebih. Hindari memerasnya dengan kuat dan kasar, ini bisa merusak serat pada mukena.

Setelah itu, LocalLady bisa mengeringkannya dengan cara digantung di tempat teduh. Jangan menjemur mukena langsung terkena sinar matahari. Pasalnya, hal itu akan membuat warna mukena jadi memudar.

Baca Juga: 8 Bahan Mukena yang Adem untuk Sholat

Setrika dengan Suhu yang Tepat

Mukena berbahan silk perlu disetrika dengan hati-hati. Setrika dengan pengaturan suhu rendah atau nggak terlalu panas. Selain itu, kamu bisa menggunakan kain pelindung antara setrika dan mukena untuk menghindari kerusakan akibat panas langsung.

Hindari juga menyemprot parfum pada mukena silk agar nggak meninggalkan bercak yang terlihat kotor.

Perhatikan Tempat Penyimpanan

Simpan mukena di tempat yang sejuk dan kering. Hindari menyimpannya di tempat yang lembab untuk mencegah tumbuhnya jamur atau bau tak sedap. 

Pilihan Mukena Silk dari Heylocal

Berikut pilihan mukena dengan bahan silky dari Heylocal yang nyaman dan adem digunakan. 

Solace Prayer Set

Mukena lebaran

Solace prayer set memberikan nuansa feminin dengan motif bunga yang dikemas cantik dan gold plat logo texture di bagian kepala. Selain itu, mukena ini sudah menggunakan teknologi lasser cut sehingga potongannya begitu rapi dan akurat. 

Terbuat dari material silk yang ringan, lembut, adem, dan nggak menerawang menjadikan koleksi Solace ini cocok digunakan sehari-hari maupun saat salat Ied Idulfitri. 

Solace prayer set terdiri dari sajadah mini dan pouch dengan warna dan motif yang senada. Untuk pilihan warnanya, mukena ini hadir dalam beberapa varian yaitu calestial, cinnamon, citrusea, eucalyptus, frostine, dan roseate. LocalLady bisa cek Solace prayer set di sini, ya!

Sajna Prayer Set

Mukena bahan silk

Pilihan selanjutnya datang dari koleksi Sajna. Hadir dengan motif buah dan bunga two tone warna yang dikemas dengan cantik. Tampilannya semakin elegan dengan penggunaan bahan printed silk yang memiliki karakter permukaan halus dan finishing mengilap yang memberikan nuansa mewah dan anggun.

Selain itu, mukena ini didesain menggunakan opening zipper pada dagu yang dapat dijadikan dua opsi pemakaian dan gold plat logo Heylocal di bagian kepalanya yang menambah kesan eksklusif.

Satu set mukena sudah dilengkapi dengan sajadah dan pouch cantik, sehingga mudah dibawa saat traveling. Nggak hanya mukena dewasa, koleksi Sajna series ini juga menawarkan mukena yang diperuntukkan bagi anak, lho.

Sajna prayer set tersedia dalam empat warna, yaitu graphite ash, marie gold, misty rose, dan mossy sage. Tertarik dengan koleksi Sajna? LocalLady bisa cek di sini, ya!

Nah, itulah beberapa keunggulan mukena dengan bahan silk dibanding jenis lainnya. Bila LocalLady tertarik dengan mukena silk, kamu bisa mencari koleksi prayer sets lain dari Heylocal di sini, ya!

Temukan juga koleksi fashion muslim wanita terbaru lainnya dari Heylocal seperti tas, sepatu, mukena dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *