Memilih hijab sesuai warna kulit

Begini Tips Memilih Hijab Sesuai Warna Kulit, Simak Yuk!

Bingung memilih hijab sesuai warna kulit? Alih-alih membuat wajah cerah, warna hijab tertentu justru membuat wajah jadi gelap dan kusam. Hal ini karena nggak semua jilbab cocok dengan warna kulit wajah.

Sebab itu, LocalLady perlu memperhatikan pemilihan warna pada kerudung. Sebenarnya, triknya terbilang mudah kok. Mau tahu seperti apa?

Citygaze scarf

Pertama, ketahui dulu warna kulitmu agar nantinya hijab yang dipakai cocok untukmu. Nah, setelah itu barulah mencari tahu warna kerudung apa saja yang cocok digunakan dan dihindari dari masing-masing warna kulit. 

Wanita Indonesia sebagian besar memiliki 4 jenis warna kulit yaitu kulit putih, kuning langsat, sawo matang, dan gelap. Namun warna asli masyarakat Indonesia umumnya adalah sawo matang. 

Selain itu, ada juga beberapa tipe berdasarkan rona warna kulit (undertone) yang memang tergolong lebih susah jika dibedakan secara langsung.

Meski demikian, rona warna kulit biasanya diihat dari warna urat nadi yang ada dibawah pergelangan tangan. Diantaranya adalah undertone cool (keunguan), undertone warm (hijau), dan undertone netral (mix hijau dan ungu).

Berikut MinLy bagikan tips memilih warna kerudung yang cocok sesuai warna kulit. Simak terus sampai habis, ya!

Kulit Putih

Kabar baik bagi LocalLady yang mempunyai tipe kulit ini, karena kamu hampir cocok memakai semua warna. Terlebih, warna-warna dasar seperti hitam, abu tua, putih, atau lavender, dan silver.

Kalau kamu ingin sesekali mengenakan warna hijab yang terang, LocalLady bisa menggunakan warna seperti kuning, merah, biru muda, dan merah muda.

Sedangkan untuk warna yang perlu dihindari untuk kamu pemilik kulit putih adalah warna yang cenderung lembut seperti putih, nude, dan warna pastel. Pasalnya, warna kalem ini akan cenderung mati di kulit wajah kamu. Hal ini akan membuat tampilan wajah menjadi terlihat lebih pucat.

Kulit Kuning Langsat

Tipe kulit kuning langsat banyak dimiliki oleh orang Indonesia. Bisa dibilang, kulit kuning langsat cukup netral karena nggak terlalu kusam dan nggak terlalu pucat.

Meski begitu, pemilik kulit kuning langsat ini tetap nggak boleh sembarangan dalam memilih warna jilbab.

Warna cerah seperti merah, biru, kuning, dan pink terang bakal membuat kulit tampak lebih terang dan segar. Adapun warna yang sebaiknya dihindari yaitu warna caramel, emas, oranye, dan cokelat.

Pasalnya, warna-warna tersebut akan membuat terlihat lebih kusam dan pucat. Tentu LocalLady gak ingin tampak kusam, kan?

Baca Juga: 10 Warna Jilbab untuk Baju Biru Dongker

Kulit Sawo Matang

Warna kulit sawo matang adalah warna kulit yang nggak terlalu cerah, tapi cenderung agak gelap seperti warna buah sawo yang telah masak. Tipe warna ini cukup sulit untuk menentukan warna hijab.

Oleh karena itu, kamu perlu sedikit keahlian memilih warna agar nggak terlihat kusam dan menjadi gelap saat mengenakan jilbab. 

Bagi pemilik kulit sawo matang, direkomendasikan memakai warna bold namun memiliki tone yang soft. Misalnya warna pastel, navy, marun, ungu tua, hitam, dan sebagainya. Hal ini karena warna-warna tersebut bisa membuat kulit tampak lebih fresh dan gak kusam.

Sementara untuk warna yang dihindari yakni, warna gelap sejenis dengan warna kulit seperti coklat atau olive. Hal ini akan membuat warna kulit wajah menjadi terlihat kusam.

Kulit Gelap

Bagi kamu pemilik warna kulit gelap, nggak perlu khawatir dalam memilih warna jilbab. Pasalnya, tipe warna kulit ini cenderung lebih mudah dalam memilih warna kerudung dan pakaian, lho. Di mana si pemilik kulit gelap ini cocok menggunakan hampir seluruh warna hijab.

Warna hijab yang dianjurkan untuk pemilik warna kulit gelap yaitu kuning terang, hijau stabilo, pink, merah marun, atau biru laut. Warna-warna mencolok seperti itu akan memberikan kesan wajah menjadi lebih segar. 

Namun, masih banyak perempuan yang kurang percaya diri mengenakan hijab dengan warna menyala. Jika begitu, kamu bisa menggunakan warna silver, emas, dan warna pastel. Untuk warna pastel sendiri, kamu bisa menggunakan warna lavender yang dapat membuat kulit wajah nampak cerah.

Sementara warna yang perlu dihindari, pemilik kulit gelap disarankan jangan gunakan kerudung dengan warna coklat tua, coklat muda, dan warna lainnya yang mirip dengan warna kulit kamu. Karena hal ini hanya akan membuat kulit wajahmu terlihat kusam.

Baja Juga: Inspirasi OOTD Sweater Hijab Fashionable

Itu tadi beberapa tips memilih hijab sesuai warna kulit. Nah, untuk kamu yang ingin menambah koleksi hijab yang berkualitas dan nyaman dipakai. Langsung saja cek koleksi hijab di website Heylocal.id, ya!

Hijab dari Heylocal juga mempunyai berbagai corak dan warna yang cantik, sehingga cocok banget dipakai untuk acara formal maupun non formal. So, tunggu apalagi? Buruan belanja sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *