Hi, LocalLady! Pernah nggak sih kamu merasa wajah kamu tuh kusam, kayak kurang cerah gitu? Padahal, kamu udah pakai skincare berlapis-lapis, tapi tetep aja hasilnya nggak maksimal. Nah, mungkin ini saatnya kamu mulai explore lebih dalam tentang eksfoliasi wajah. Trust me! This step is a game changer buat dapetin kulit glowing yang on point. Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang eksfoliasi dan kenapa kamu perlu masukin step ini ke skincare routine kamu!

Baca Juga: Manfaat Rumput Laut, Rahasia Kulit Glowing ala Minly!

Apa Itu Eksfoliasi Wajah?

Eksfoliasi Wajah
Dua Jenis Eksfoliasi Wajah | Sumber: iStcokphoto

Eksfoliasi wajah adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit kamu. Ketika sel-sel kulit mati menumpuk, kulit bisa terlihat kusam, teksturnya nggak rata, dan bikin produk skincare yang kamu pakai jadi kurang efektif. Basically, eksfoliasi helps your skin to regenerate faster and reveal that fresh, glowing layer underneath. Ada dua jenis eksfoliasi yang bisa kamu lakukan, yaitu eksfoliasi fisik dan kimia. Yuk, kita bahas lebih lanjut!

1. Eksfoliasi Fisik

Ini adalah tipe eksfoliasi yang paling umum dikenal. Kamu cukup menggunakan scrub atau alat yang punya permukaan kasar untuk ‘menggosok’ sel kulit mati. Tapi, be careful, LocalLady! Eksfoliasi fisik atau physical exfoliation memang terasa satisfying, but kalau kamu nggak hati-hati, bisa-bisa malah bikin kulit iritasi. Pastikan kamu pilih produk yang gentle dan jangan terlalu sering melakukannya, ya!

2. Eksfoliasi Kimia

Eksfoliasi kimia atau chemical exfliation menggunakan bahan-bahan seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) untuk mengangkat sel kulit mati tanpa perlu digosok. AHA biasanya diambil dari buah-buahan dan cocok untuk kulit kering atau normal, sedangkan BHA lebih masuk untuk kulit berminyak atau acne-prone. Cara kerja eksfoliasi kimia lebih deep karena bahan-bahan ini bisa masuk ke pori-pori dan membersihkan dari dalam.

Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Bikin Kamu Makin Glowing

Kalau kamu masih ragu buat mulai eksfoliasi, here’s the tea, LocalLady! Banyak banget manfaat yang bisa kamu dapetin dari eksfoliasi, dan berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kulit Lebih Cerah dan Glowing

Dengan eksfoliasi rutin, sel kulit mati yang bikin kulit kusam bakal keangkat, dan kulit kamu jadi lebih cerah dan glowing. Bayangin aja, kamu bisa punya kulit glass skin ala-ala K-Beauty tanpa effort berlebihan.

2. Mengurangi Komedo dan Jerawat

Eksfoliasi juga membantu mencegah penumpukan minyak dan kotoran di pori-pori yang bisa menyebabkan komedo dan jerawat. Apalagi kalau kamu pilih eksfoliasi kimia dengan BHA, ini bakal membantu banget buat deep cleansing di area yang rentan berjerawat.

3. Membuat Skincare Bekerja Lebih Efektif

Sel kulit mati yang menumpuk bisa jadi penghalang buat produk skincare kamu. Eksfoliasi membantu membuka jalan biar produk skincare kamu bisa menyerap lebih baik dan bekerja lebih maksimal.

4. Meratakan Tekstur Kulit

Kulit yang nggak rata biasanya disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati atau bekas jerawat. Eksfoliasi membantu meratakan tekstur kulit kamu, sehingga wajah terasa lebih smooth dan flawless.

5. Anti-Aging

Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi kulit kita melambat, yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan munculnya garis halus. Eksfoliasi rutin bisa membantu mempercepat proses regenerasi dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Cara Eksfoliasi yang Benar dan Aman

Cara Eksfoliasi Wajah | Sumber: iStockphoto

Meskipun eksfoliasi penting, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan biar nggak over-exfoliating yang malah bikin kulit kamu rusak. Nah, ini dia beberapa tips dari Minly buat kamu:

1. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Penting banget buat tahu jenis kulit kamu sebelum memilih produk eksfoliasi. Kalau kulit kamu sensitif, better kamu pilih produk yang lebih mild atau mengandung AHA dibandingkan BHA yang lebih keras.

2. Jangan terlalu sering eksfoliasi. Eksfoliasi maksimal 2-3 kali seminggu sudah cukup buat kebanyakan orang. Kalau over-exfoliate, kulit kamu bisa jadi lebih tipis dan rentan terhadap iritasi.

3. Gunakan sunscreen setiap hari. Eksfoliasi bisa bikin kulit kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari. Makanya, jangan lupa selalu pakai sunscreen setiap pagi, even on cloudy days, LocalLady!

4. Hindari produk eksfoliasi dengan butiran kasar. Kalau kamu masih suka pakai scrub, pilih yang butirannya halus. Butiran yang terlalu kasar bisa bikin mikro-luka di kulit yang bikin iritasi.

5. Jangan campur eksfoliasi fisik dan kimia di waktu yang sama. Meskipun dua jenis eksfoliasi ini punya cara kerja yang berbeda, bukan berarti kamu bisa pake dua-duanya sekaligus. Mixing eksfoliasi fisik dan kimia bisa bikin kulit kamu over-exfoliated dan rentan iritasi. Better kamu pilih salah satu dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu.

Eksfoliasi Wajah dan Gaya Hidup Sehat

Ingat ya LocalLady, eksfoliasi aja nggak cukup kalau kamu mau kulit yang sehat dan glowing. Gaya hidup sehat juga berperan penting. Minly mau share satu produk yang bisa bantu kamu dari dalam, yaitu Mooles fiber drink. Minuman ini kaya akan serat yang bantu proses detoksifikasi tubuh, bikin kulit kamu glowing from within. Plus, it’s a great addition to your healthy lifestyle!

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengkombinasikan eksfoliasi dengan pola makan yang sehat dan cukup air putih. Jadi, selain perawatan dari luar, penting juga untuk merawat kulit dari dalam. Kebayang kan gimana glowing-nya kulit kamu kalau perawatan luar dan dalamnya balance?

Baca Juga: Skin Cycling 101: Rahasia Kulit Glowing Tanpa Drama, Wajib Coba!

So, gimana, LocalLady? Udah siap buat eksfoliasi dan dapetin kulit glowing impian kamu? Jangan lupa untuk mulai sekarang, rutin eksfoliasi, dan coba Mooles fiber drink buat hasil yang maksimal. Check out di sini ya! Stay glowing and healthy, LocalLady!

Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *