LocalLady, pernah nggak sih kamu merasa overwhelmed atau tertekan setelah scrolling media sosial? Mungkin kamu juga melihat beberapa kasus bullying yang lagi marak belakangan ini. Fenomena ini memang bikin kita mikir, bagaimana sih cara menjaga kesehatan mental di tengah gempuran negatif dari media sosial?

Well, Minly juga ngerasain hal yang sama. Apalagi, di era digital ini, kita nggak bisa sepenuhnya menghindari paparan dari berbagai macam konten, termasuk yang bisa mempengaruhi kesehatan mental kita. Jadi, gimana sih cara kita bisa tetap waras dan sehat mental meskipun terus-terusan dikelilingi oleh hal-hal negatif? Yuk, Minly kasih tahu beberapa tips yang bisa kamu coba!

Baca Juga: Olahraga untuk Wanita dan Tips Memilih Pakaiannya, Yuk Coba!

1. Batasi Waktu di Media Sosial

Cara Menjaga Kesehatan Mental
Sumber: iStockphoto

Mulailah dengan membatasi waktu kamu berselancar di media sosial. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu kamu mengatur screen time, sehingga kamu nggak terlalu lama terjebak di dunia maya. Jangan lupa juga untuk lebih selektif dalam memilih konten yang kamu konsumsi. Pilih yang bermanfaat dan bisa memberikan positive vibes, ya LocalLady!

2. Jaga Keseimbangan Dunia Nyata dan Maya

Sering kali, kita terlalu larut di media sosial sampai-sampai lupa kalau dunia nyata juga butuh perhatian kita. Coba deh, luangkan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kamu, seperti keluarga atau teman-teman. Aktivitas fisik seperti jalan-jalan di taman atau olahraga ringan, juga bisa membantu menjaga keseimbangan antara kehidupan online dan offline.

3. Berhenti Membandingkan Diri 

Salah satu penyebab stres dan depresi di era digital adalah kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain di media sosial. Padahal, apa yang kita lihat di sana seringkali hanya highlight dari kehidupan mereka, bukan gambaran keseluruhan. Ingat LocalLady, setiap orang punya jalannya masing-masing. Fokuslah pada apa yang kamu miliki dan syukuri itu.

4. Berani untuk Unfollow atau Mute

Sumber: iStockphoto

Nggak ada salahnya untuk unfollow atau mute akun-akun yang membuat kamu merasa tidak nyaman atau insecure. Kamu berhak mengontrol apa yang muncul di feed kamu. Dengan membersihkan timeline dari konten-konten negatif, kamu bisa menjaga kesehatan mentalmu tetap prima.

5. Cari Dukungan dari Komunitas yang Positif

Bergabunglah dengan komunitas yang mendukung dan positif, baik di dunia nyata maupun online. Komunitas ini bisa jadi tempat kamu berbagi pengalaman, mendapatkan dukungan, dan merasa tidak sendirian dalam menghadapi tantangan mental. Pastikan komunitas yang kamu pilih adalah yang menghargai privasi dan memberikan dampak positif untukmu.

6.  Bicarakan dengan Orang Terdekat

Ketika kamu merasa ada yang tidak beres dengan kesehatan mentalmu, jangan ragu untuk berbicara dengan orang-orang terdekatmu, seperti keluarga atau sahabat. Kadang-kadang, curhat aja bisa meringankan beban yang kamu rasakan. Selain itu, mereka juga bisa memberikan saran dan dukungan yang kamu butuhkan.

7. Praktikkan Mindfulness dan Meditasi

Cara Menjaga Kesehatan Mental
Sumber: iStockphoto

Mindfulness adalah teknik yang bisa membantu kamu fokus pada apa yang sedang terjadi saat ini tanpa terganggu oleh pikiran negatif. Meditasi juga bisa jadi cara yang efektif untuk menenangkan pikiran dan meredakan stres. Coba deh, luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk bermeditasi atau sekadar menarik napas dalam-dalam dan fokus pada dirimu sendiri.

8. Jaga Pola Makan dan Tidur 

Percaya atau nggak, pola makan dan tidur yang baik sangat berpengaruh pada kesehatan mental kita. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang seimbang dan mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya. Tubuh yang sehat bisa membantu pikiranmu tetap jernih dan lebih kuat menghadapi stres.

9. Hindari Berita yang Mengganggu

Banyak berita di media sosial yang bisa memicu kecemasan atau bahkan depresi. Kalau kamu merasa berita-berita tersebut sudah mulai mengganggu pikiran, nggak ada salahnya untuk berhenti membaca atau menonton berita sementara waktu. Fokuslah pada hal-hal yang membuat kamu merasa lebih tenang dan bahagia.

10. Konsultasi dengan Profesional

Jika kamu merasa cara-cara di atas belum cukup membantu, nggak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan psikolog atau profesional di bidang kesehatan mental. Mereka bisa memberikan panduan yang lebih spesifik sesuai dengan kondisimu. Jangan pernah merasa malu atau takut untuk mencari bantuan, karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Baca Juga: Intip 5 Spot Kuliner di Blok M, LocalLady Wajib Coba!

Ingat ya LocalLady, menjaga kesehatan mental itu penting banget di tengah era digital yang serba cepat ini. Jangan biarkan tekanan dari media sosial merusak keseimbangan hidup kamu. Tetaplah kuat, jaga pikiran tetap positif, dan selalu ingat kalau kamu berhak untuk merasa bahagia dan damai. Kalau kamu butuh tambahan energi dan nutrisi untuk menjaga mood tetap oke, cobain deh Mooles fiber drink. Minly personally recommend it! Kamu bisa dapetin di sini. Stay positive and always take care of yourself, LocalLady!

Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *