Gamis dan long dress merupakan fashion item andalan yang sering dipakai oleh wanita berhijab. Keduanya memiliki model yang longgar, ukuran yang panjang, dan menutup aurat sehingga aman dipakai para muslimah. 

Meskipun gamis dan dress wanita sama-sama panjang dan punya model yang longgar, terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya, lho. Namun rupanya, masih banyak wanita yang bingung dengan perbedaan keduanya. 

Padahal dengan mengetahui perbedaannya, LocalLady bisa menyiapkan outfit mana yang cocok untuk dipakai ke suatu acara, baik acara formal maupun kasual.

Lantas, apa sih bedanya long dress dan gamis? Biar tidak keliru lagi, yuk simak perbedaan gamis dan dress. Simak baik-baik ya!

Beda Gamis dan Dress

Terlihat sama, namun nyatanya gamis dan long dress itu berbeda lho. Baik dress maupun gamis, mempunyai keunikan dan keindahan tersendiri, yang memungkinkan pemakainya untuk mengekspresikan diri melalui gaya berpenampilan.

Nah, daripada penasaran langsung saja simak perbedaan kedua pakaian wanita tersebut. Let’s take a look!

Long Dress

Dress wanita

Long dress merupakan baju terusan yang desainnya dapat menyesuaikan bentuk tubuh sang pemakai. Tentu saja tergantung dengan material yang digunakan. Misalnya saja long dress yang terbuat dari bahan scuba atau sutra yang membentuk lekuk tubuh pemakainya, walau panjangnya menyentuh lantai.

Hal itu bertujuan untuk memberikan kesan elegan dan terlihat jenjang serta proporsional. Selain itu, long dress pun memiliki desain yang beragam, mulai dari gaun, maxi dress, bahkan baju pernikahan masuk ke dalam kategori long dress lho.

Dress juga memiliki fungsi yang fleksibel, ini karena baju terusan tersebut nggak hanya dipakai untuk ke pesta pernikahan saja, tetapi bisa juga untuk liburan, acara ulang tahun, atau acara kasual lainnya.

Berbeda dengan baju gamis yang memang untuk menutup aurat, long dress bisa dibuat lebih terbuka di bagian atas dari dada hingga pinggang.

Begitu pula bagian bawahnya yang dapat mempunyai slit panjang dari mata kaki hingga paha. Bahkan bagian punggungnya juga bisa dibuat terbuka.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Dress Wanita Hijab Simple tapi Elegan, Modis!

Gamis

gamis

Gamis yang identik dengan busana muslim ini sering ditemukan di wilayah Timur Tengah seperti Arab Saudi. Istilah gamis diambil dari kata khomis yang artinya baju kurung dengan lengan yang panjang, serta baju yang memiliki panjang hingga mata kaki. 

Di negara Arab Saudi sendiri, gamis dikenal dengan sebutan tsaub. Begitu juga di Kuwait yang lebih akrab disebut disdaya. Singkatnya, masing-masing negara punya istilah yang berbeda-beda. Pakaian ini tak hanya digunakan oleh wanita saja lho, di Timur Tengah banyak pria juga menggunakan gamis.

Sebelum fashion muslimah berkembang pesat seperti sekarang, baju gamis dahulu identik dengan pakaian muslimah para ibu-ibu. Para wanita muda bahkan cenderung menghindari penggunaan busana ini ketika menghadiri acara formal. Hal tersebut karena cutting-an dan desainnya yang tak bervariasi, kaku, dan terkesan tua. 

Namun seiring berjalannya waktu, busana ini pun mengalami variasi sehingga lebih bergaya dan modern. Tujuannya agar wanita berhijab tetap bisa tampil fashionable. Hingga akhirnya, pakaian yang punya potongan lurus ini memiliki beragam desain dan warna yang menarik.

Selain itu, gamis kini tak hanya digunakan untuk kajian atau pengajian saja, namun juga bisa digunakan untuk ke pesta dan hangout lho. Pasti LocalLady punya baju ini di lemari pakaianmu kan?

Baca Juga: Ini 11 Warna Jilbab yang Cocok untuk Baju Hitam, Simak Yuk!

Perbedaan Dress Wanita dan Gamis

Berikut perbedaan antara long dress dan gamis yang dilihat dari berbagai aspek, mulai dari desain, detail dan hiasan, hingga bahan pembuatannya.

Desain dan Cutting

Dress memiliki potongan yang bervariasi, sebut saja potongan A line, cutting yang lebih flowy, empire, atau potongan yang sesuai dengan lekuk tubuh penggunanya. Pakaian wanita ini pun bisa disesuaikan tergantung pada acara atau situasi tertentu.

Bila LocalLady sedang mencari dress dengan flowy cutting, klik di sini untuk menemukan koleksi dress wanita dari Heylocal.

Berbeda dengan dress, baju gamis merupakan busana muslim yang memiliki potongan lurus, longgar, dan panjang hingga mata kaki. Potongan gamis yang longgar dan sederhana tersebut agar penggunanya bisa bergerak dengan nyaman dan leluasa.

Tak hanya itu, desainnya pun kerap kali menonjolkan keanggunan dan kesederhanaan, sehingga sering dipilih untuk acara formal atau sehari-hari.

Detail dan Hiasan

Dress wanita bisa memiliki berbagai detail dan hiasan seperti renda, aksen plisket atau lipit, payet, hingga pita. 

Sedangkan gamis cenderung mempunyai detail yang lebih sederhana. Meskipun beberapa fashion item ini memiliki hiasan atau bordiran yang indah, namun desain dan model gamis tidak terlalu ramai dan tetap fokus pada kesopanan dan kesederhanaan. 

Baca Juga: 7 Referensi Baju Atasan Wanita Kekinian dan Trendy, Intip Yuk!

Bahan Pembuatan dan Fungsionalitas

Perbedaan lain yang bisa dilihat terletak pada bahan dan tekstur yang digunakan. Dress wanita seringkali terbuat dari berbagai macam bahan seperti katun, sutra, satin, chiffon, dan lainnya. 

Pilihan bahan yang beragam ini memungkinkan dress untuk memiliki tekstur yang ringan, berkilau, atau bahkan memberikan efek dan kesan tertentu yang ingin ditonjolkan.

Fashion item ini seringkali dipilih untuk acara semi formal atau santai. Hal ini karena long dress memungkinkan penggunanya untuk mengekspresikan gaya berbusana sesuai kepribadian.

Sementara baju gamis cenderung menggunakan bahan yang sederhana dan mengutamakan kenyamanan seperti katun, rayon, hingga jersey. Dirancang untuk memberikan kenyamanan dan pemenuhan prinsip-prinsip busana muslim, membuatnya jadi pilihan yang sempurna untuk wanita berhijab.

Karena itu, biasanya gamis dipilih untuk acara sehari-hari, misalnya pengajian, hangout, kajian, dan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Bahan Katun: Ciri-ciri dan Jenisnya, Bagus Tidak Ya?

Dari penjelasan di atas, LocalLady pasti sudah dapat menyimpulkan perbedaan keduanya. Adapun perbedaan yang dapat terlihat jelas adalah gamis memang diperuntukkan untuk wanita muslimah yang ingin menutup aurat.

Sedangkan long dress bisa digunakan oleh siapa pun, bahkan long dress dengan cutting lebih flowy dapat dipakai seorang muslimah untuk mix n match dengan fashion item lain, seperti manset atau outer

Nah, itu dia perbedaan dress dan gamis yang perlu diketahui. Dengan mengetahui perbedaan kedua fashion item di atas, LocalLady tidak boleh keliru lagi, ya.

Jika LocalLady sedang mencari dress hijab dengan potongan longgar, kamu bisa cek semua koleksi dress ataupun gamis dari Heylocal di sini!

Temukan juga koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal lainnya seperti tas, kerudung, sepatu, mukena, pakaian olahraga, dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan, ya!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Sling Bag Wanita, Cocok Buat Kondangan Lho

Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *