Mukena yang adem

8 Bahan Mukena yang Adem untuk Sholat

Mukena menjadi peralatan ibadah yang nggak terpisahkan dari kaum muslimah. Oleh karena itu, mukena yang bersih dan bahan mukena yang adem bisa membuat ibadah jadi lebih khusyuk.

Bahan mukena yang adem

Saat ini, ada berbagai bahan kain yang adem sehingga kamu nggak merasa gerah saat menjalankan ibadah sholat. Biar gak salah pilih mukena, kenali dulu ya bahan-bahan mukena yang adem untuk sholat.

Berikut MinLy bagikan rekomendasi bahan mukena adem dan nyaman untuk ibadah sholat.

Rayon

Bahan mukena yang bisa dijadikan pilihan adalah bahan rayon. Rayon akan memberikan kenyamanan karena adem saat digunakan. 

Meskipun tebal tapi bahan rayon dapat menyerap keringat, nggak mudah menimbulkan bau apek, dan mudah dibersihkan. 

Maka dari itu, mukena dengan bahan ini sering dijadikan pilihan bagi banyak orang. Selain itu, bahan ini membuat mukena kamu jatuh dan gak mudah kusut, lho.

Nah, bahan rayon sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya rayon diamond dan rayon viscose. Rayon diamond adalah bahan mukena yang memiliki desain unik yaitu pola diamond, yang mana terkenal dengan sifatnya ringan serta mampu menyerap keringat. 

Sementara, viscose terbuat dari serat selulosa alami, lembut, dan dapat menyerap kelembaban.

Katun Jepang

Mukena dengan bahan katun Jepang memang terkenal adem dan nyaman untuk dipakai sholat. Sesuai dengan namanya, katun ini merupakan bahan kain yang dibuat dari Jepang atau pun pabrik di luar Jepang namun memiliki lisensi resmi dari hak paten yang telah dibuat sebelumnya.

Nggak hanya itu, bahan mukena satu ini cenderung ringan sehingga gak akan memberatkan dan mampu menyerap keringat.

Katun Silk

Rekomendasi selanjutnya adalah bahan mukena katun silk. Bahan kain ini memiliki kesan mewah seperti layaknya kain sutra. Salah satu ciri katun silk yaitu mempunyai efek mengkilap yang indah. 

Kombinasi yang dibuat dari benang sutra dan benang katun membuat bahannya jadi mudah menyerap keringat, sehingga LocalLady nggak bakal gerah saat menggunakannya sehari-hari. 

Karena itu, mukena bahan silk ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin mengutamakan kualitas bahan mukena namun tetap ingin terlihat elegan.

Jangan khawatir, bahan yang satu ini tetap awet dan warnanya pun nggak pudar meski sudah dicuci berulang kali, lho.

Katun Paris

Bukan hanya menjadi material produk hijab, kain katun Paris juga dimanfaatkan sebagai bahan mukena yang adem. Sama seperti kerudungnya, ketebalan kain ini juga sangat tipis.

Pasalnya, pembuatan katun Paris bergantung pada benang kecil, tepatnya benang katun 60s. Melalui rongga kain yang tipis itu, udara dapat masuk dengan leluasa membuat tubuh tetap adem selama menjalankan ibadah. Dengan begitu, kamu gak perlu khawatir lagi sholat di tempat yang gak ber-AC.

Polyester

Polyester adalah jenis kain yang terbuat dari serat sintetis yang memiliki sifat kuat, tahan lama, dan nggak mudah kusut. Mukena dengan bahan polyester juga mudah dicuci dan dikeringkan, sehingga gak perlu disetrika lagi, lho.

Agar tetap nyaman saat sholat, pilihlah mukena dengan bahan yang adem dan ringan, sehingga ibadah pun jadi khusyuk, seperti koleksi mukena dari Heylocal.id, ya!

Selain nyaman digunakan untuk beribadah sehari-hari, koleksi mukena dari Heylocal juga cocok dipakai untuk sholat Idul Fitri.

Spandex

Spandex lebih tebal dan elastis saat digunakan sehingga sering digunakan untuk beribadah setiap hari. Selain itu, bahan spandex mudah pula dibersihkan tanpa menimbulkan luntur pada area mukena.

Bagi LocalLady yang memiliki tubuh besar, bisa pilih bahan dasar spandek untuk mukena karena lebih elastis, nggak mudah robek dan memberikan kebebasan bergerak saat melaksanakan ibadah shalat. 

Sutra

Rekomendasi bahan mukena selanjutnya adalah sutra. Mukena dengan bahan ini memiliki sejumlah keunggulan seperti kemewahan dan kelembutannya yang luar biasa, sehingga halus di kulit.

Sifat dingin dan menyejukkan dari sutra membuatnya sangat cocok digunakan dalam cuaca panas, menjadikan mukena sutra pilihan yang populer, terutama di daerah dengan iklim tropis.

Kebanyakan mukena berbahan sutra dipilih untuk seserahan pernikahan, kado untuk orang tersayang, atau digunakan saat hari-hari penting.

Linen

Bukan hanya pakaian saja, mukena dengan bahan linen dikenal sangat dingin dan dapat menyerap keringat lebih efektif. 

Selain itu, mukena berbahan dasar linen memiliki sifat anti alergi yaitu hypoallergenic, cocok digunakan untuk orang dengan kulit sensitif. Bahan yang satu ini juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba alami sehingga memperlambat pertumbuhan bakteri dan menjaga kebersihan mukena saat dikenakan.

Terlebih, jenis ini cocok bagi kamu karena ramah lingkungan. Hal ini karena linen diperoleh dari serat tanaman rami yang tumbuh dengan cepat dan membutuhkan sedikit pestisida. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi bahan mukena yang adem dan nyaman untuk sholat. Kamu bisa mendapatkan mukena Heylocal di website Heylocal.id, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *