Cara menghilangkan luntur pada baju berwarna

7 Cara Menghilangkan Luntur pada Baju Berwarna, Mudah lho

LocalLady pasti pernah beli baju baru, tapi tiba-tiba warnanya jadi berubah dan timbul warna lain pada baju. Hal itu tandanya baju kamu kelunturan. Baju kelunturan memang jadi masalah yang sering dihadapi banyak orang. Namun jangan khawatir, karena ada banyak cara menghilangkan luntur pada baju berwarna.

Perlu diketahui, noda luntur pada baju berwarna bisa terjadi saat baju dicuci dengan pakaian berwarna lain yang mudah luntur, atau karena baju terkena air dengan suhu yang terlalu panas. 

Nah, supaya terhindar dari baju luntur, LocalLady perlu memisahkan baju sesuai warnanya ketika mencuci. Hindari mencampurkan baju putih atau berwarna pastel dengan baju lainnya yang berwarna. 

Cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna

Bila baju sudah terlanjur kena noda luntur, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini. Mau tahu apa saja? Let’s check this out!

1. Bersihkan dengan Garam dan Jeruk Nipis

LocalLady perlu menyiapkan sepotong jeruk nipis dan garam. Lalu ambil sikat gigi bekas atau pilih sikat dengan bulu yang lembut dalam keadaan bersih. Kemudian ambil campuran gram dan jeruk nipis dan letakkan di bagian baju yang terkena noda. 

Sikat dengan lembut sampai nodanya hilang. Biarkan sebentar selama 30 menit. Setelah itu bilas dan cuci seperti biasa.

2. Gunakan Baking Soda

Cara menghilangkan luntur pada baju berwarna selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Kamu perlu membuat larutan baking soda secukupnya dan campurkan dengan sedikit deterjen tanpa pemutih. 

Masukkan baju yang luntur ke dalam larutan tersebut dan biarkan terendam selama 15-25 menit. Setelah itu kucek-kucek baju, bilas, dan keringkan baju. So easy!

3. Gunakan Cairan Alkohol

Cara berikutnya nggak kalah mudah, lho. Kamu bisa menggunakan cairan alkohol untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. 

Caranya dengan meneteskan alkohol pada bagian yang terkena luntur sampai noda berangsur pudar. Setelah itu, kucek kembali baju menggunakan deterjen.

Baca Juga: Tips dan Cara Merawat Hijab Voal yang Tepat

4. Manfaatkan Belimbing Wuluh

Bukan hanya untuk bahan memasak saja, belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda luntur pada baju, lho.

Cukup ambil satu buah belimbing wuluh, lalu potong dulu jadi dua bagian. Lalu tinggal gosokkan bagian daging belimbing wuluh ke noda luntur di baju. Setelah dirasa cukup, diamkan selama sekitar 30 menit. 

Kemudian cuci baju tersebut dengan detergen. Setelah itu, jemur baju seperti biasa. Hindari mencampurkan baju putih atau berwarna pastel dengan baju yang berpotensi melunturkan lagi. 

Bila LocalLady sedang mencari baju warna pastel atau gelap, kamu bisa cek koleksi baju atasan wanita dari Heylocal di sini! 

5. Pasta Gigi

Bila nggak ingin ribet, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Hanya butuh pasta gigi saja untuk menghilangkan noda luntur pada baju. Cara sederhana namun efektif ini wajib banget dicoba.

Pertama-tama, oleskan pasta gigi non-gel (biasanya putih) pada noda. Kemudian gosok lembut noda tersebut dengan sikat gigi bekas atau kain lembut. Biarkan pasta gigi bekerja selama beberapa menit, tapi jangan sampai mengering.

Jika dirasa sudah, bilas dengan air dingin hingga bersih, lalu cuci pakaian seperti biasa. Umumnya, metode ini efektif untuk noda makanan atau minuman tanpa merusak warna kain. 

6. Oleskan Aseton

Mungkin LocalLady sudah nggak asing dengan aseton, apalagi jika kamu suka memakai kutek atau cat kuku. Selain untuk membersihkan cat kuku, rupanya aseton juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda di baju luntur.

Namun biasanya cara ini diaplikasikan ke baju putih atau yang warnanya mendekat ke putih, seperti krem dan off white.

Kamu hanya perlu mengoleskan sedikit saja aseton ke noda luntur, lalu biarkan selama 30 menit. Setelah itu baru dikucek dan cuci baju seperti biasa. Kemudian keringkan baju dengan pengering di mesin cuci, lalu jemur hingga benar-benar kering sempurna. Mudah bukan?

7. Larutan Vetsin dan Deterjen

Vetsin atau MSG (monosodium glutamate) dikenal juga sebagai penyedap rasa, bisa juga dijadikan bahan penghilang noda luntur. Caranya pun cukup mudah yaitu, campurkan vetsin dengan detergen dalam perbandingan 3:2. Lalu larutkan dengan air hangat yang cukup untuk merendam baju tadi.

Kemudian diamkan selama 10-15 menit, baru kucek-kucek baju dan bilas dengan air bersih yang suhunya dingin. Lalu keringkan dengan mesin cuci dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering. 

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan luntur pada baju berwarna. Cara di atas layak untuk dicoba dengan memperhatikan beberapa hal agar tetap aman dan tidak merusak pakaian.

Temukan koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti tas, kerudung, sepatu, mukena dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *