Outer wanita

6 Tips dan Cara Memilih Outer Wanita yang Tepat, Simak Yuk!

Outer masih menjadi andalan banyak wanita untuk tampil trendi dan stylish. Outer wanita juga cocok digunakan untuk membuat OOTD tampak semakin maksimal saat menggunakan hijab.

Apa Itu Outer?

Outer adalah busana yang digunakan pada bagian terluar dari susunan pakaian. Biasanya, baju luaran ini hanya berfungsi sebagai pemanis dalam berpakaian. Outer atau outwear bisa dipakai sendiri atau dipadukan dengan inner.

Mudahnya, outer adalah jenis pakaian luaran yang digunakan sebagai “pelapis” bagi baju yang dipakai.

Baju outer membuat styling semakin mudah, bahkan jika hanya memakai kaos atau manset baju pun sudah bisa tampil keren dan stand out.

Namun, dalam memadupadankan outer dengan fashion item lainnya, tentu saja tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan style yang akan tercipta pun menjadi terlihat aneh. Tentu LocalLady nggak mau hal itu terjadi, kan?

Outer wanita

Berikut ada beberapa tips dan cara memilih jenis atau model outer yang bisa kamu terapkan agar penampilan semakin menawan. Mau tahu seperti apa? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Tips Memilih Outer

Outer Midi

Bila ingin tampilan casual dan simple, LocalLady bisa memilih outer midi untuk gaya yang lebih santai. Baju luaran yang satu ini biasanya memiliki bahan dasar rayon atau kaos yang jatuh dan pas di badan. 

Nggak perlu bingung untuk mix and match outer midi dengan busana muslim, kamu bisa memadukannya dengan kaus polos dan celana jeans atau dengan dress juga bisa jadi pilihan kamu untuk tampilan semi kasual.

Long Outer

Long outer atau outer panjang bisa dijadikan pilihan untuk pergi kerja atau hangout. Biar nggak terkesan aneh, kamu bisa coba memadukannya dengan kemeja putih agar terlihat lebih elegan.

Pemilihan warna outfit juga penting lho, karena itu pastikan memilih warna pastel dengan model outer yang berkerah. Kamu juga bisa memadukannya dengan warna senada dengan outer.

Jangan lupa untuk memakai tas dan high heels dengan wara senada dengan outer-mu ya agar penampilan makin maksimal.

Kimono

Mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan kimono. Yaps, kimono adalah salah satu pakaian tradisional wanita Jepang. Seiring perkembangan fashion, baju ini juga ikut mengalami perubahan, salah satunya outer kimono.

Banyak wanita yang menggunakan outer kimono sebagai sebagai baju muslim untuk tampil fashionable dan kekinian. 

Kendati begitu, ada tips memakai kimono agar makin stylish. Kamu bisa memadukan outer degan motif bunga ini dengan kemeja atau kaus berwarna netral seperti hitam atau putih. 

Baca juga: Rekomendasi Model Baju Kondangan Hijab yang Kekinian

Oversized Outer

Outer dengan ukuran oversized juga banyak menjadi pilihan perempuan berhijab untuk tampil stylish. Bisa dibilang oversized outer ini merupakan kamuflase pada lekuk tubuh dan tetap membuat penampilan maksimal serta meningkatkan percaya diri. 

Outer Warna Basic

Tips memilih outer wanita selanjutnya adalah dengan memperhatikan pemilihan warna. Jika tidak suka dengan fashion yang terlalu ramai, kamu bisa membuat tampilan fashion lebih simple dengan memilih outer warna basic.

Pilih outer dengan warna seperti hitam, abu-abu, dan putih. Karena warna basic termasuk netral, sehingga mudah di-mix and match dengan warna lainnya.

Namun bila LocalLady ingin tampil playful, pilihlah warna yang ceria dan cerah seperti fuschia, ungu, kuning, hingga sage green.

Batwing Outer

Selanjutnya ada batwing outer yang bisa dipadu padankan sebagai busana muslim untuk mendapatkan kesan kasual. Gunakan inner berwarna netral seperti putih dan untuk bawahannya bisa menggunakan celana legging.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan bahan outer. Saat ini ada banyak bahan outer yang direkomendasikan seperti misalnya bahan katun, sifon, rayon, baby canvas, moscrepe hingga viscose.

Dari semua bahan tersebut, bahan katun adalah yang paling nyaman karena lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik. Namun bisa juga pilih bahan lainnya dan agar tetap nyaman bisa pakai inner terlebih dahulu sebelum menggunakan outer untuk luaran.

Setelah mengetahui tips memilih outer, yuk simak macam-macam outer wanita. Penasaran apa saja? Let’s check this out!

Macam-macam Outer Wanita

Berikut ini terdapat beberapa macam outer wanita yang dapat menjadi inspirasi.

Waistcoat

Waistcoat merupakan jenis outer wanita tanpa lengan yang dianggap memiliki potongan dan bahan yang lebih cocok digunakan untuk aktivitas cenderung formal. Adapun outer ini cocok dipakai untuk pergi ke kantor, makan siang bersama teman, hingga meeting santai dengan rekan kerja. 

Vest

Vest sebenarnya mirip dengan waistcoat, namun jenis outer ini umumnya berukuran lebih pendek, yaitu hingga pinggang atau di atas pinggul. Outer satu ini biasanya dikenakan di luar kemeja, blouse, atau kaus. 

Belakangan, sedang populer outer vest rajut dan kerah model v-neck. Dengan warna yang beragam, vest rajut pun dapat mempermanis penampilan dengan mudah.

Cardigan

Cardigan merupakan jenis outer wanita yang sering jadi andalan. Biasanya, knitwear yang satu ini nggak memiliki kerah dan punya bagian depan yang terbuka serta bisa ditambahkan variasi berupa kancing atau ritsleting. 

Karena umumnya terbuat dari rajutan wol, cardigan lebih cocok digunakan dalam acara casual occasion, seperti hangout bersama teman atau pergi liburan ke tempat yang bercuaca dingin. 

Saat ini pun sudah banyak model cardigan wanita, Heylocal sendiri memiliki koleksi cardigan yang bisa dilihat di sini!

Long Outer

Jika outer umumnya memiliki panjang sepinggang atau pinggul, long outer bisa sampai lutut atau bahkan mata kaki. Long outer pun jadi pilihan yang nyaman dan tepat bagi pengguna hijab. Hal ini karena dapat menutupi bagian belakang tubuh hingga ke bagian bawah. 

Hadir dalam berbagai warna dan motif pun membuat outer panjang ini bisa menunjang penampilan jadi makin stylish.

Blazer

Bila ingin tampilan yang elegan, kamu bisa memilih blazer. Blazer adalah jenis outer mirip jas namun lebih luwes dengan potongan yang mengikuti bentuk tubuh. 

Baca juga: 8 Padu Padan Blazer Wanita Hijab untuk Berbagai Acara

Saat ini, selain blazer yang press body, ada juga model oversized yang digemari karena dianggap lebih santai namun nggak meninggalkan sisi resminya. 

Sedang mencari blazer wanita? Yuk cek koleksi blazer dari Heylocal di sini!

Kemeja Oversized

Kemeja oversized sering menjadi outer praktis bagi wanita pecinta gaya simpel. Walaupun ukurannya nggak pas di badan karena potongannya yang longgar, kemeja oversized menciptakan kesan manis saat dijadikan outer.

Nah, itu dia beberapa tips memilih outer dan macam-macam outer wanita. Dari jenis outer wanita di atas, mana yang sering LocalLady gunakan?

Temukan koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti tas, kerudung, sepatu, mukena dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *