Sportwear wanita

Bahan Sportswear yang Menyerap Keringat

Penting untuk mengetahui pemilihan bahan sportswear yang menyerap keringat. Pasalnya saat olahraga, keringat yang keluar dari tubuh akan terperangkap sehingga dapat membuat aroma badan semakin menyengat.

Tentu LocalLady gak mau hal itu terjadi, kan? Oleh sebab itu, MinLy bakal kasih tahu bahan sportswear yang menyerap keringat dan nyaman dipakai. Mau tahu apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Bahan sportwear perempuan yang menyerap keringat

Supaya nggak salah pilih, yuk ketahui jenis bahan sportswear yang dapat menyerap keringat dengan baik.

Jenis Bahan Sportswear menyerap keringat

Cotton

Bahan kain cotton
Photo: Freepik

Cotton terbagi dua jenis berdasarkan spesifikasinya, yaitu katun combed dan cotton carded. Combed biasanya digunakan untuk kaos-kaos yang dijual di distro yang menjual pakaian dengan serat benang, rajutan, serta baju dengan tampilan yang halus dan rata.

Hal itu disebabkan oleh setting gramasi yang digunakan untuk membuat katun combed terdiri dari 20s, 24s, 30s, dan 40s.

Semakin tinggi nilai gramasi tersebut, maka makin tipis pula bahannya. Meski tipis, bahan katun ini memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik dan tidak panas saat dipakai, lho.

Sementara cotton carded memiliki serat benang yang lebih kasar atau kurang halus. Kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan cotton combed membuat harga pakaian olahraga dengan bahan katun carded relatif lebih terjangkau. 

Namun, bahan katun serta kedua jenis benang tersebut memiliki kelemahan yang sama, yaitu sifatnya yang mudah kusut.

Spandex

Bahan spandex
Photo: Freepik

Spandex atau Lycra adalah jenis kain baju olahraga dengan tekstur halus, ringan, dan sangat elastis. Bahkan, kemampuannya untuk melar bisa mencapai 6 kali dari ukuran aslinya, lho.

Oleh karena itu, spandex memungkinkan penggunanya untuk dapat bergerak bebas karena bahannya yang ringan. LocalLady bisa menemukan jenis bahan ini pada pakaian renang, aerobik, yoga, dan pakaian bersepeda.

Polyester Activedry

Bahan polyester activedry
Photo: Freepik

Selanjutnya adalah bahan polyester yang umum digunakan untuk baju olahraga. Jenis bahan ini berasal dari polyester yang dibuat menggunakan teknologi khusus (bernama activedry) yang mampu menyerap keringat dengan baik. 

Selain itu, bahannya juga terasa lebih dingin, mudah kering, nggak mudah melar, dan nggak mudah kusut sehingga nyaman untuk digunakan selama olahraga. 

Terlebih, polyester nyaman untuk berolahraga karena kemampuannya dalam menyerap keringat dan tetap adem di kulit. 

Dryfit

Bahan baju olahraga
Photo: Freepik

Bahan dryfit itu apa? Dryfit adalah bahan baju olahraga dengan teknologi yang spesifik, yakni mengatur suhu tubuh penggunanya. Dryfit sendiri merupakan campuran polyester, nylon, dan spandex.

Jenis kain ini tergolong cukup fleksibel, padat, dan cepat kering sehingga memungkinkan LocalLady untuk bergerak bebas. 

Bahan ini juga memiliki pori-pori yang cukup besar dan cepat menguapkan keringat yang diserapnya. Hal inilah yang membuat pakaian menjadi lebih mudah kering.

Namun, kekurangan dari kain ini adalah sulit untuk di sablon. Sebab itu, produsen biasanya hanya bermain dengan bordir dan warna.

Hyget

Kain hyget
Photo: Freepik

Jenis kain hyget sering digunakan untuk kaos partai dan sepak bola. Dari segi harga, hyget lebih murah diantara bahan kain lainnya. Pakaian dengan bahan ini mengkilat dan tidak menyerap keringat.

Selain itu, hyget juga dibagi menjadi hyget tipis, hyget sedang, dan hyget tebal. Thin hyget biasa digunakan untuk kaos partai, pilkada, dan kampanye karena harganya yang relatif murah, terlebih jika diproduksi secara massal. 

Sementara hyget sedang sering dijumpai penggunaannya pada kaos promosi, event dan sepak bola.

Neoprene

Bahan sportswear
Photo: Shutterstock

Bahan neoprene termasuk yang paling tebal. Memiliki tekstur seperti foam yang berfungsi sebagai isolator dan tahan air, sehingga cocok untuk olahraga air atau watersport. Misalnya berenang, snorkeling, dan lainnya.

Nylon

Kain baju olahraga
Photo: etsy

LocalLady pasti punya stoking atau legging, kan? Nah, bahan kedua item tersebut adalah nylon. Bahan satu ini sering digunakan karena mudah kering, elastis, dan nggak mudah berjamur.

Polypropylene

Bahan baju olahraga
Photo: Freepik

Bahan polypropylene mirip dengan  polyester karena terbuat dari plastik. Namun perbedaannya adalah bahan sintetis ini sangat anti-air. Baju yang berbahan polypropylene akan memaksa kelembapan melalui seratnya dan membuat keringat menguap. 

Meskipun badan basah karena keringat dan di luar pakaian terasa basah, namun bagian dalam akan tetap kering. Selain itu, bahan satu ini tahan terhadap noda dan menghilangkan noda bekas tumpahan pun lebih mudah.

Tips Memilih Sportwear 

Dari jenis kain di atas, setiap kain memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mulai dari harga, kemampuan menyerap keringat, hingga tingkat kenyamanan pakaian yang beragam.

Selain jenis bahan, LocalLady juga perlu mempertimbangkan hal berikut sebelum menentukan pakaian olahraga yang hendak kamu pilih.

Utamakan Kenyamanan

Bahan sportswear Menyerap Keringat

Jika kamu memiliki kulit sensitif dan mudah iritasi, sebaiknya pilih bahan yang mudah menyerap keringat dan cepat kering. Hal ini mampu meminimalkan risiko iritasi gangguan pasca olahraga.

Ataupun kamu juga bisa memilih bahan cooltech yang menjamin kenyamanan, adem, dan mampu menyerap keringat. Koleksi sportswear wanita dari Heylocal memiliki bahan yang adem, nyaman, dan menyerap keringat. Cek sekarang di sini.

Pastikan Ukuran Pas

Bahan sportswear Menyerap Keringat

Nggak cuma bahan, ukuran baju olahraga juga harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Sebaiknya pilih pakaian olahraga yang nggak terlalu longgar dan ketat.

Alih-alih baju yang ketat, pilihlah pakaian olahraga yang dapat merenggang atau melar, tetapi pas di tubuh, saat melakukan seperti yoga atau pilates. 

Sementara itu, LocalLady sebaiknya tidak mengenakan celana panjang yang longgar saat berlari atau bersepeda, karena dapat berisiko membuat kamu terjatuh akibat tersandung saat berlari atau tersangkut pada pedal sepeda.

Nah, itu dia beberapa jenis bahan baju olahraga yang perlu diketahui. Apabila LocalLady sedang mencari sportswear, kamu bisa mencarinya di sini, ya!

Temukan juga koleksi fashion muslim wanita terbaru dari Heylocal seperti tas, scarf, sepatu, mukena, baju olahraga, dan busana muslim di website online Heylocal.id. Tunggu apalagi? Buruan check out sekarang sebelum kehabisan!

Kain Apa yang Tidak Bisa Menyerap Keringat?

Meski sering digunakan untuk pakaian olahraga karena sifatnya ringan, namun sayangnya nylon atau nilon tidak menyerap keringat dengan baik. Hal itu karena nylon memiliki karakteristik yang cukup panas, sehingga kain satu ini cenderung membuat kulit lembab dan bahkan bisa menimbulkan bau tak sedap.

Jilbab Olahraga Namanya Apa?

Seiring perkembangan zaman, fashion muslimah juga ikut berkembang dan merambah ke pakaian olahraga. Contohnya adalah jilbab olahraga. Jilbab khusus untuk olahraga ini biasa disebut dengan bergo sport.

Bergo sport atau jilbab sport dibuat dengan bahan yang mampu menyerap keringat, mudah dipakai, dan lentur. Karena itulah wanita muslim jadi lebih nyaman dan leluasa saat sedang berolahraga. Selain itu, kamu pun juga bisa tampil modis, lho!

Baca Juga: Ide Gaya Outfit Olahraga Hijab, Nyaman dan Tetap Modis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *